SUKABUMI, JPNews - Polres Sukabumi Kota berhasil menangkap seorang pria berinisial MFM (26), terduga pelaku pencurian dengan pemberatan R-4. MFM tak berkutik ketika diringkus oleh Tim Jatanras Polres Sukabumi Kota dari tempat kostnya di Citamiang, Kota Sukabumi, Senin (3/5) sekira pukul 21.30 WIB kurun waktu kurang dari 5 jam usai terduga pelaku melakukan aksi pencuriannya.

Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Cepi Hermawan mengatakan, MFM ditangkap menindaklanjuti laporan pengaduan warga bernama Budiawan atas kejadian pencurian di rumahnya yang kebetulan sedang kosong di Perum Taman Genting Puri, Baros, Kota Sukabumi. Lalu dilanjutkan dengan penyelidikan sampai akhirnya tim Jatanras mengantongi identitas terduga pelaku.

"Saat ditangkap, dari tangan terduga pelaku ini berhasil disita barang bukti (BB) berupa obeng, satu unit mobil Brio, BPKB mobil, Laptop, dan Playstation 3," beber Cepi kepada awak media, Selasa (4/5).

Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Cepi Hermawan

Lanjutnya, modus yang dilakukan terduga pelaku dengan mencari sasaran rumah kosong, kemudian masuk dengan cara membobol pintu menggunakan obeng, lalu terduga pelaku masuk kedalam rumah dan mengambil barang-barang yang berada di rumah tersebut, melihat adanya kunci mobil langsung mengambil dan membawa kendaraan mobil Brio yang sedang terparkir berikut BPKB dibawa menuju kostnya.

"Usai menyimpan mobil, terduga pelaku kembali menuju lokasi tempat pencurian dengan menggunakan ojek online untuk mengambil sepeda motor yang dibawanya," terang Cepi.

Ia menambahkan, aksinya dilakukan seorang diri, dengan sebelumnya mencari sasaran menggunakan sepeda motor. Rumah yang menjadi sasaran adalah rumah yang kosong ditinggal penghuninya. Dengan tenang pelaku masuk ke dalam rumah dan barang-barang yang berada di rumah tersebut.

"Atas perbuatannya, pelaku terancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara," tegas Cepi. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya