Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi. Foto: Iyus Firdaus

SUKABUMI, JPNews - Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi akan melayani jasa transportasi  sampai Rabu (5/5) hingga pukul 24.00 WIB, selanjutnya terhitung mulai Kamis (6/5) sampai Senin (17/5) tidak ada lagi Bus reguler yang beroperasional melayani penumpang.

Kepala Terminal Tipe A (TTA) KH Ahmad Sanusi, Yukky Rahmat Yunus menuturkan, berdasarkan surat edaran peraturan Menteri Perhubungan nomor 13 tahun 2021, tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 Hijriyah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

"Kendaraan khusus yang memiliki stiker khusus di masa larangan operasional di berlakukan untuk PNS, TNI dan Polri yang kepentingan perjalanan dinas, masyarakat dengan kepentingan kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka, ibu hamil kepentingan persalinan," beber Yukky saat ditemui diruang kerjanya, Senin (3/5).

"Stiker khusus diberikan baik untuk AKAP maupun AKDP yang mengangkut penumpang dengan kategori pengecualian dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai aturan dari Satgas Gugus Covid, bukan untuk bus mudik," terangnya menambahkan.

Menurutnya, sejauh ini beberapa perusahaan bus yang beroperasional di TTA, mereka sudah mengumumkan tidak akan beroperasi di waktu yang telah di larang oleh Pemerintah Pusat melalui berbagai media sosial.

Selama larangan operasional bus untuk semua jurusan, jajaran TTA tetap buka, hanya tidak melayani reguler seperti biasa.

"Kami pastikan TTA KH Ahmad Sanusi tetap buka, hanya saja tidak bisa melayani kendaraan reguler, kemungkinan akan beroperasional kembali pada Selasa (18/5) mendatang. Sebagian masyarakat sudah pada tahu di media sosial tentang larangan mudik," ungkap Yukky.

Lanjutnya, dampak dari larangan mudik yang di gembor-gemborkan oleh pemerintah pusat memang berpengaruh terhadap jumlah penumpang di TTA KH Ahmad Sanusi sejak satu bulan yang lalu. "Namun, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Dirjen perhubungan Darat, apakah TTA KH Ahmad Sanusi di tutup atau tidaknya," tandasnya.

Selama ini TTA KH Ahmad Sanusi melayani kebutuhan transportasi AKAP dan AKDP 24 jurusan yang sampai batas yang ditentukan masih tetap beroperasional, ada jurusan sampai ke Jawa dan melintas ke Padang. Sedangkan harga harga ongkos Sukabumi -Bandung untuk Bus AC Rp45 ribu dan non AC Rp40 ribu.(Yus)

Komentar

Jabar Lainnya