SUKABUMI, JPNews - Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi Partai Demokrat Mohamad Muraz menyatakan, sebagai Anggota Komisi II DPR RI yang merupakan mitra Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus bisa mendorong masyarakat kedepan untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan yang sering disebut pengawasan partisipatif.

"Pengawasan partisipatif bisa dilakukan oleh lembaga non government, atau bisa juga dilakukan oleh masyarakat secara individu dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam aturan," beber Muraz kepada JPNews, Sabtu (1/5).

Menurutnya, hasil dari pengawasan kami dari DPR RI, penyampaian hasil evaluasi Pilkada Serentak 2020, Alhamdullilah baik, secara umum bagus, termasuk penerapan protokol kesehatan, dan kehadiran masyarakat di TPS-TPS.

"Ternyata persentasenya meningkat dibanding dengan pemilu sebelumnya, ini cukup bagus," ungkap Muraz.

Lanjutnya, yang terpenting dengan digelarnya Pilkada di era pandemi, ternyata tidak menimbulkan klaster baru pandemi gara-gara pemilukada.

"Seperti di Karawang, itu yang terkena kasus corona nya tinggi, kita datang kesana dari DPR RI, kita tanyakan ternyata kasusnya bukan dari Pilkada tapi klaster pabrik peningkatannya," terangnya.

Muraz menambahkan, penyelenggara pemilu dalam hal ini Bawaslu, KPU, dan DKPP sudah bekerja secara maksimal.

"Ya.., kalau ada hal-hal yang belum baik itu namanya juga kinerja manusia. Tapi secara umum nilainya sangat baik," ucap Muraz. (drw)

Komentar

Politik Lainnya