JAKARTA, JPNews - Mencoba melakukan aksi teror di Mabes Polri, ZA (25) dilumpuhkan petugas kepolisian pada Rabu (31/3) sore. Kejadian bermula dari saat terduga teroris memasuki lingkungan Mabes Polri melalui pintu belakang, menuju gerbang utama.

Hal tersebut diungkapkan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers, Rabu (31/3) malam.

"Terduga teroris masuk sekitar pukul 16:30 WIB, kemudian yang bersangkutan menanyakan keberadaan kantor pos, setelah diberitahu lokasi kantor pos yang dimaksud, yang bersangkutan malah kembali dengan melakukan penembakan ke arah petugas sebanyak 6 kali," beber Sigit.

Lanjutnya, atas tindakannya, petugas mengambil tindakan tegas terukur kepada terduga teroris tersebut.

"Dari hasil profiling terhadap terduga teroris, terduga berideologi radikal, yang dibuktikan dengan postingan di media sosial instagram milik terduga pelaku, didalamnya ada bendera ISIS, dan tulisan terkait bagaimana perjuangan jihad," ungkapnya.

Selain itu, berdasarkan alamat pada identitas pelaku yang ditemukan di TKP, petugas melalukan penggeledahan di rumah terduga pelaku di daerah Jakarta Timur.

"Dari rumah terduga pelaku, petugas menemukan surat wasiat terduga pelaku, dan isi pesan pada grup pesan keluarga, yang menuliskan bahwa terduga akan pamit, dan saya sudah perintahkan Kadensus, untuk mendalami serta mengusut tuntas terhadap kemungkinan adanya kelompok jaringan  yang terkait dengan terduga pelaku ini," ucap Sigit.

Sigit juga memerintahkan kepada anggotanya agar tetap melayani masyarakat, namun juga tetap waspada dan tingkatkan sistem pengamanan, baik di markas komando, maupun saat melaksanakan tugas di lapangan.

"Jadi kami minta kepada rekan-rekan untuk tetap memberikan layanan total kepada masyarakat," tandasnya. (Wan)

Komentar

Nasional Lainnya