SUKABUMI, JPNews - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi gelar rapat bareng Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi membahas terkait  Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Kecamatan Kebonpedes, Senin (8/3).

Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh Kades di wilayah Kecamatan Kebonpedes.

Kasie P2M BNNK Sukabumi, Reni Marliani Iska menyampaikan, BNNK Sukabumi terus melakukan upaya secara massif  mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkotika. Desa harus melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mewujudkan Desa Bersih dari Narkoba, yaitu dengan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE).

"Sebagai upaya pencegahan secara masif karena penyelesaian permasalahan narkotika harus dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan mulai dari hulu sampai hilir," kata Reni kepada JPNews.

Lanjutnya, dengan melibatkan seluruh komponen, mulai dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta para orangtua guna mempersempit ruang gerak peredaran narkoba di wilayah Sukabumi.

"Pencegahan kepada seluruh unsur masyarakat, dengan melakukan kegiatan pembentukan relawan dan penggiat anti narkoba, dan dapat bekerjasama dengan babinsa, bhabinkamtibnas hingga tenaga kesehatan setempat," jelas Reni.

Sementara itu, Camat Kebonpedes Ali Iskandar mengatakan, rapat ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat desa, agar semua masyarakat dapat ikut serta mengawasi adanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar.

“Seperti yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 35 tahun 2009 pada pasal 104-108, tentang peran serta masyarakat di dalam pencegahan bahaya narkoba,” ucapnya. (hms/drw)

Komentar

Jabar Lainnya