SUKABUMI, JPNews - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi terus menggiatkan upaya Pecegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Kali ini Asistensi Penguatan dalam Rangka Pembentukan Relawan Anti Narkoba Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan.

Kepala BNNK Sukabumi AKBP Fahmi Cipta Dewantara mengatakan, pembentukan relawan anti narkoba salah satu bentuk keterlibatan masyarakat dan relawan anti narkoba merupakan penghubung BNN ke masyarakat.

"Mereka akan menjadi agen perubahan dalam melakukan pencegahan khususnya di lingkungan pendidikan masing-masing," kata Fahmi kepada JPNews usai pelantikan relawan anti narkoba STH Pasundan yang digelar di Situs Megalitik Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (6/3).

Menurutnya, sebelum dilantik para peserta menerima berbagai materi pembekalan terkait narkoba. Diawali dengan pengenalan kegiatan relawan anti narkoba dan pembentukan karakter serta pemahaman aspek hukum dari UU No 35/2009 tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Lingkungan kampus perlu untuk mendeklarasikan sebagai kawasan yang bersih dari narkoba. Hal ini tentunya akan jadi perhatian masyarakat, karena jika kampus itu banyak terjerat kasus narkoba, maka otomatis tidak akan ada peminatnya," ungkap Fahmi.

Lanjutnya, di lingkungan kampus, hal penting yang harus digaris bawahi adalah pelatihan atau ToT untuk para dosen. Ketika mereka sudah terampil, maka mereka akan menjadi kepanjangan tangan BNN untuk mengkampanyekan bahaya narkoba ke seluruh mahasiswa.

"Kurikulum juga penting untuk diterapkan di perguruan tinggi, mengingat masalah narkoba terus berkembang sehingga mahasiswa perlu memahami persoalannya," jelas Fahmi.

Ia menambahkan, para relawan anti narkoba harus turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pemahaman bahaya narkoba guna terwujudnya lingkungan masyarakat yang Bersinar (Bersih Narkoba).

"Relawan anti narkoba harus bisa mengajak terhindar dari penyalahgunaan narkoba," pungkasnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya