TOP 0 News Indepth



SUKABUMI, JPNews - Berada di atas wilayah strategis karena berdekatan dengan Provinsi DKI Jakarta yang merupakan Ibukota Indonesia dan juga Kota Bandung yang juga merupakan Ibukota Provinsi Jawa barat, Kota Sukabumi menjadi sebuah kota lintasan yang kerap dilalui oleh para traveler dari Ibukota Jakarta maupun kota lain yang hendak melakukan tamasya ke beberapa destinasi wisata yang berada di Jawa Barat. Namun seiring berkembangnya waktu, ternyata pembangunan Kota Sukabumi saat ini makin pesat, hingga saat ini Kota Sukabumi bukan hanya menjadi kota lintasan, melainkan bisa menjadi pusat kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh penduduk lokal.

Saat ini, telah banyak hadir bermacam oleh-oleh khas Kota Sukabumi yang telah terjual bahkan menjadi ciri khas di kota lain. Dari sebelumnya dikenal Mochi yang menjadi ciri khas oleh-oleh Kota Sukabumi, saat ini juga terdapat berbagai pilihan lain untuk jenis oleh-oleh dari Kota Sukabumi.

Baca juga: Burgerlijjk Bestuur itu Kini Kota Sukabumi (Part 1)

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, kali tim JPNews akan memberikan informasi informasi terkait oleh-oleh dari Kota Sukabumi. Berikut daftar jenis oleh-oleh yang tersedia dan juga sudah menjadi ciri khas asal Kota Sukabumi.

Mochi

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Kue ini dijual dan dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko kue. Mochi memiliki rasa yang khas, yaitu lembut saat pertama kali dimakan dan lama kelamaan menjadi lengket. Seiring berkembangnya waktu, di Indonesia Mochi menjadi suatu ciri kahs kue yang dijadikan sebuah oleh-oleh ataupun buah tangan. khususnya kue mochi buatan Kota Sukabumi yang biasa ditemui di jalan Kasuari dan Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

Di Sukabumi sendiri, kue mochi yang terkenal adalah kue mochi yang dibuat di Jalan Kaswari. Kue mochi ini bentuknya bulat, bertabur tepung sagu, dan terasa kenyal. Jika digigit, rasa manisnya akan terasa.

Di tempat itu dijual dua jenis Kue Mochi, yaitu Kue Mochi tanpa isi yang disebut kiathong dan Kue Mochi yang diisi dengan adonan kacang. Kue Mochi dari tempat itu dibuat tanpa pewarna dan tanpa pengawet, sehingga tidak dapat disimpan lama-lama, harus segera dimakan.

Bandros

Bandros adalah salah satu makanan khas daerah Jawa Barat yang berupa kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang dicetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak, dengan tungku arang. Kue bandros biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi.

Di Kota Sukabumi sendiri terdapat banyak penjual kue Bandros yang bisa ditemukan. Kali ini Tim JPNews berkesempatan mencicipi salah satu penjual kue Bandros terkenal dan kerap disambangi penikmatnya yang berada di Jalan Gudang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.

Pisang Coklat

Pisang Cokelat yang terbuat dari bahan dasar pisang kemudian di balur dengan kulit lumpia ini juga merupakan salah satu oleh-oleh ciri khas Kota Sukabumi yang kami temui. Bentuknya pipih dan memanjang dengan bagian kulit lumpia yang gurih. Perpaduan rasa gurih dan manis dari cokelat lumer menjadi satu di mulut. Pisang cokelat memiliki tampilan yang cantik dan menarik yang tentunya cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi.

Saat ditemui dilokasi penjualan di Jalan A. Yani No.8, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi tampilan piscok (pisang cokelat) yang sungguh menggugah selera ini benar-benar cocok dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Sukabumi.

Demikian beberapa oleh-oleh ciri khas Kota Sukabumi yang berhasil kami himpun. Jangan lupa dicoba jika berkunjung ke Kota Sukabumi, dijamin rasanya bisa membuat para penikmat kuliner menjadi ketagihan.

Penulis: Sofwan Zulfikar

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Komentar

News Indepth Lainnya