SUKABUMI, JPNews - Sipropam Polres Sukabumi Kota melakukan sidak (inspeksi mendadak) pengecekan kelengkapan senjata api inventantaris dinas seluruh jajaran personel usai apel pagi rutin di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin (1/3) pagi.

Kabag Sumda Polres Sukabumi Kota Kompol Suryo Wirawan mengatakan, mengecek kembali prosedur kepemilikkan senjata api seluruh personel, dari kebersihan senjata api dinas hingga surat ijin memegang senjata api dinas yang dimiliki oleh setiap personel Polres Sukabumi Kota.

"Pemeriksaan meliputi kebersihan senpi hingga surat izin memegang senpi yang memang harus senantiasa diperpanjang minimal 2 kali dalam setahun setelah yang bersangkutan dinilai lulus tes psikologi, karena memang tes psikologinya pun dilakukan minimal 2 kali dalam satu tahun,” kata Suryo kepada awak media.

Menurutnya, pemeriksaan mendadak tersebut merupakan salah satu kegiatan penegakan disiplin yang dilakukan Jajaran Sipropam di internal Polres Sukabumi Kota.

“Pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin yang seringkali dilakukan di lingkungan Polres Sukabumi Kota yang biasa disebut dengan Gaktibplin atau penegak disiplin untuk mengetahui sejauh mana tanggung jawab personel saat diberikan tanggungjawab untuk menggunakan senpi dinas,” terangnya.

Suryo menambahkan, pemeriksaan tidak hanya dilakukan di Mapolres Sukabumi Kota saja, melainkan turut dilaksanakan di Polsek-polsek Jajaran Polres Sukabumi Kota.

“Pemeriksaan ini tidak hanya dilakukan di Mapolres Sukabumi Kota saja melainkan dilaksanakan juga di Polsek-polsek Jajaran. Alhamdulillah, hasilnya bagus, senpi-senpi dinas yang dipinjam pakaikan oleh personel terawat dengan baik dan administrasi kepemilikan senjata api pun masih berlaku,” tandasnya.

Sidak tersebut dipimpin langsung Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman Salim. (hms/drw)

Komentar

Jabar Lainnya