TOP 0 Ragam



JAKARTA, JPNews - Pada saat musim hujan penghujan menyimpan sejumlah ancaman bagi kesehatan. Hampir setiap hari hujan turun di sebagian besar wilayah Indonesia. Cuaca seperti ini umumnya membuat sebagian besar orang mengurangi aktivitasnya akibat kondisi udara yang dingin atau terkendala hujan besar.

Kondisi ini tentu berpotensi tidak baik pada kesehatan tubuh Anda,

Saat musim hujan, genangan air makin menumpuk sehingga menarik perhatian nyamuk. Kuman pun cenderung bertahan lebih lama dan berkembang biak di kondisi lembap ini. Tak heran bila di periode ini penyakit seperti infeksi flu dan kulit makin merajalela.

Belum lagi jika banjir melanda. Kondisi ini dapat mengundang banyak penyakit, antara lain demam tifoid, kolera, leptospirosis, malaria, dan demam berdarah dengue. Nah, agar tak jadi korban cuaca, Anda harus menjaga kondisi tubuh supaya tetap prima.

Jika Anda ingin tubuh tetap sehat dan aktif saat musim hujan, maka Anda dapat melakukan beberapa hal yang bisa membuat diri Anda terjaga dengan baik di musim ini.

1. Selalu Bawa Payung

Payung merupakan peralatan yang wajib Anda bawa saat musim hujan, sekalipun Anda bepergian dengan mobil. Anda tidak akan tahu bila sewaktu-waktu butuh bepergian atau melewati area yang tidak beratap saat sedang turun hujan. Bawalah payung lipat agar lebih praktis, atau gunakan jaket dengan tudung (hoodie) bila Anda ingin memakai jaket sehari-hari.

2. Konsumsi Makanan Bersih dan Sehat

Anda perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat musim hujan, terutama bila Anda gemar makan di tempat yang diragukan kebersihannya. Makanan yang ‘kotor’ berpotensi membuat Anda terkena diare. Pastikan juga Anda menambah konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah untuk menjaga kebugaran tubuh.

Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Berikut berbagai makanan sehat saat musim hujan yang perlu Anda konsumsi:

  • Karbohidrat kompleks: nutrisi ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu Anda tetap fit. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi merah, kentang, gandum, dll. 
  • Bawang putih dan jahe: makanan yang dapat meningkatkan sistem imun.
  • Sayuran dan buah-buahan: kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi.
  • Makanan yang mengandung probiotik: dapat melindungi tubuh dari infeksi, misalnya tempe, keju dan yoghurt.

3. Siapkan Baju Ganti

Sekalipun Anda membawa payung atau menggunakan jaket bertudung, tidak ada salahnya untuk membawa baju ganti untuk berjaga-jaga. Bila pakaian yang Anda kenakan basah kuyup akibat hujan, Anda akan mudah terserang penyakit flu atau pilek bila tidak cepat-cepat diganti dengan pakaian kering.

4. Rajin Membersihkan Tubuh

Bakteri dan virus mudah menyebar pada saat musim hujan, sehingga Anda perlu rajin membersihkan tubuh. Mandi sehari minimal dua kali sebaiknya selalu Anda biasakan setiap hari. Selain itu, pastikan agar Anda membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, terutama sebelum makan dan saat pulang beraktivitas.

5. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Baik musim kemarau maupun hujan, tubuh Anda tetap perlu terhidrasi. Minumlah sekitar enam hingga delapan gelas hangat per hari, dan Anda dapat menambahkan parutan lemon untuk membantu menyehatkan tubuh. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Tips sehat saat musim hujan lainnya adalah tidur. Tidur adalah salah satu solusi praktis (meski sementara) untuk berbagai masalah hidup. Tak terkecuali untuk persoalan hujan yang mengacaukan jadwal kegiatan Anda. Daripada mengeluh di media sosial, lebih baik naik ke kasur dan tidur.

Lagi pula, tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja keras seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh Anda kebal terhadap virus maupun bakteri. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan, ya!

Semoga Anda bisa melewati musim hujan dengan lebih santai, tanpa harus diganggu oleh kuman penyakit dan banjir. Lakukan beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan di atas agar terhindar dari infeksi.

 

Sumber: klikdokter/Cigna

Komentar

Ragam Lainnya