SUKABUMI, JPNews - Kota Sukabumi melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 perdana yang dilakukan di halaman Balaikota Sukabumi, Kamis (28/1).

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi orang pertama disuntik vaksin CoronaVac vaksin buatan Sinovac China tersebut, kemudian sejumlah pejabat publik, Kapolri-TNI, perwakilan tenaga kesehatan, hingga perwakilan tokoh lintas agama.

Baca juga: Inilah Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Perdana di Kota Sukabumi

"Alhamdulillah telah melaksanakan proses vaksin dan kita akan tunggu untuk proses yang kedua pada tanggal 11 Febuari direncanakan, 14 hari setelah hari ini," ucap Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi usai divaksin tahap pertama di halaman Balaikota Sukabumi

Fahmi mengaku setelah disuntikan vaksin biasa saja sebagaimana disuntik yang lainnya. "Biasa saja sebagaimana disuntik yang lainnya," ungkapnya.

Fahmi menyebut, sementara ini masih mengikuti pemerintah pusat dimana proses vaksin ini dilaksanakan secara beberapa tahap dan ini diperuntukan bagi seluruh masyarakat termasuk seluruh masyarakat kota sukabumi yang memenuhi syarat.

"Sebagai contoh tadi, misalnya Pak Dandim tidak memenuhi syarat karena beliau penyitas jadi diwakilkan, kemudian Pak Kejari juga tidak memenuhi syarat kemudian diwakilkan. Jadi vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat dan kriteria," terangnya.

"Hari ini ada 20 orang yang di vaksin setelah ini direncakan hari Sabtu dibeberapa titik untuk Nakes," tambahnya.

Lanjutnya, Nakes ini akan dibagi selama beberapa waktu kedepan dengan waktu yang sudah ditetapkan, Senin, Kamis, dan Sabtu di 24 titik yang telah ditetapkan di puskesmas-puskesmas yang sudah disiapkan termasuk di RSUD Syamsudin SH.

"Setelah vaksin ini bukan berarti proses protokol kesehatan selesai, tetapi vaksin ini salah satu ikhtiar dimana tetap harus diikuti iktiar yang terbaik yaitu tetap mengunakan protokol kesehatan 3M," pungkasnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya