SUKABUMI, JPNews - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengevakuasi sarang tawon jenis vespa di rumah Ela (32) warga Perumahan Cibeureum Permai 2, RT9/RW9, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Sabtu (16/1) malam.

Tawon itu membuat sarang di antara tiang antena  dengan ukuran sebesar bola kaki dan menghebohkan warga setempat.

"Tadi kami mendapatkan laporan adanya sarang tawon yang mulai meresahkan warga. Dan Alhamdulillah sarang tawon tersebut bisa dievakuasi pada pukul 20.30 WIB," beber Irvan salah satu petugas BPBD usai evakuasi.

Menurutnya, tawon jenis vespa ini tergolong sangat membahayakan, sebab bisa menyerang langsung ketika dilewati. Bahkan tawon jenis vespa ini bisa menyerang pengguna kendaraan roda dua, atau pun orang yang tidak sengaja melewatinya.

"Tawon yang sudah dievakuasi kemudian akan dimusnahkan dengan cara dibakar. Kita akan musnahkan langsung, sebab tawon jenis Vespa ini berkembang sangat cepat," terangnya.

Sementara itu, Ella menuturkan, awalnya sarangn tawon diketahui oleh tetangga, melihat sarang tawon yang besar, karena takut disengat, akhirnya saya lapor BPBD Kota Sukabumi, untuk evakuasi sarang tawon tersebut.

"Awalnya, saya diberitahu sama tetangga, kalau antene parabola saya ada sarang tawonya, begitu saya lihat sendiri langsung saya laporkan ke BPBD Kota Sukabumi," ungkapnya.

Ella menambahkan, bersyukur petugas dari BPBD Kota Sukabumi langsung mendatangai rumahnya dan lakukan evakuasi.

"Alhamdulillah sarang tawonnya sudah dievakuasi. Saya sangat mengucapkan terimakasih kepada jajaran BPBD Kota Sukabumi yang cepat tanggap," ucapnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya