SUKABUMI, JPNews - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menyelenggarakan kegiatan pembukaan rehabilitasi sosial warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Warungkiara Sukabumi, Jumat (15/1). Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Lapas Bersinar (Bersih Narkoba).

"Kegiatan ini menindaklanjuti Inpres No 02 Tahun 2020, salah satu indikator komitmen tersebut adanya program rehabilitasi di Lapas Bersinar," kata Kepala BNNK Sukabumi AKBP Fahmi Cipta Dewantara.

Fahmi menuturkan, rehabilitasi sosial Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini merupakan bentuk kerjasama antara BNNK Sukabumi dengan Lapas Kelas II B Warungkiara Sukabumi demi mewujudkan Lapas Bersinar, dan langkah ini terkait program rehabilitasi pembinaan kemandirian bagi WBP di Lapas Kelas II B Warungkiara Sukabumi.

Lanjutnya, dari program rehabilitasi sosial ini dukungan yang diberikan kepada pelaksana rehabilitasi sosial dilapangan atau para asesor dan konselor harus diberikan pembekalan keterampilan yang lebih komprehensif terutama di Lapas Bersinar Kelas II B Warungkiara Sukabumi. Rehabilitasi bagi pecandu atau penyalahguna narkoba merupakan langkah konkret yang dapat dilakukan untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba. Dampaknya akan semakin banyak pecandu atau penyalahguna yang pulih dari kecanduannya.

"BNNK Sukabumi mendukung penuh program rehabilitasi sosial sehingga para pecandu narkoba bisa pulih dan tidak kembali relapse (kambuh) pada akhirnya lingkungan lapas betul-betul terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba," pungkasnya.

Kegiatan tersebut turun dihadiri Kepala Lapas Kelas II B Warungkiara Sukabumi Ahmad Tohari, perwakilan Forkopimda Kabupaten Sukabumi, serta perwakilan 30 orang WBP dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. (hms/drw)

Komentar

Jabar Lainnya