SUKABUMI, JPNews - Polres Sukabumi Kota bersama aparat gabungan dari Kodim 0607, Sat Pol PP dan Dishub Kota Sukabumi mengadakan Operasi Yustisi di seputaran Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Dalam razia petugas menemukan sejumlah pelanggar, seperti para pengendara motor yang tak mengenakan masker juga menggunakan knalpot bising. Hasilnya, belasan orang terjaring razia karena tidak disiplin.

"Sebanyak 13 pengendara sepeda motor terjaring, 3 kendaraan di antaranya diamankan sementara di Mako Polres Sukabumi Kota supaya yang bersangkutan bisa mengambilnya kembali setelah membawa dan mengganti dengan knalpot standar. Sedang sisanya diberikan sanksi teguran yang tidak mematuhi protokol kesehatan," beber Kasat Sabhara Polres Sukabumi Kota AKP Iman Prayitno usai kegiatan kepada awak media, Senin (11/1).

Menurutnya, adapun sasaran pelaksanaan operasi yustisi ini tidak hanya digencarkan bagi pengendara yang kedapatan tidak memakai masker atau tidak memfungsikan masker sebagaimana mestinya dalam menerapkan protokol kesehatan, juga pengendara yang tidak menerapkan tertib berlalu lintas

"Tindakan ini juga digencarkan sebagai upaya menekan angka kasus Covid-19. Kami berharap masyarakat bisa patuh protokol kesehatan lebih khusus dalam hal 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," jelasnya.

Lanjutnya, tidak hanya itu, kegiatan ini juga menerapkan tertib berlalu lintas dalam hal penggunaan helm maupun knalpot yang tidak sesuai standar pabrik. "Bagi pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas, kita tertibkan agar pengendara kembali mengganti knalpot yang standar dan mengamankan dirinya dalam penggunaan helm, maupun masker," ungkapnya.

Dismaping itu, Iman berharap masyarakat bisa patuh protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas. “Bilamana bepergian ke luar rumah, tetap mempergunakan masker dalam hal berkendara menggunakan helm standar, knalpot standar, tetap mematuhi peraturan Lalu lintas maupun aturan yang lainnya sehingga bisa tercapai Sukabumi yang kondusif, aman tertib dan sehat,” pungkasnya. (hms/hms)

Komentar

Jabar Lainnya