TOP 0 Daerah



KRUI, JPNews - Pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi (Kemendes-PDTT), telah merilis hasil evaluasi Indeks Desa Membangun (IDM) yang menyatakan status seluruh pekon diwilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Berdasarkan data IDM itu, dari 116 pekon di Kabupaten Pesibar, hanya satu pekon yang berstatus pekon mandiri yakni Pekon Lemong, Kecamatan Lemong, enam pekon berstatus pekon maju, 53 pekon berstatus Pekon berkembang, 51 pekon dengan status tertinggal, dan Lima pekon dengan status sangat tertinggal.

Kabid Kelembagaan dan Pemerintah Pekon, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Iswandi, mengatakan setiap tahun Kemendes-PDTT melakukan evaluasi perkembangan kondisi pekon melalui program indeks desa membangun. "Untuk melihat perkembangan pekon setiap tahun, KemendesPDTT terus melakukan evaluasi, karena itu kita bisa tahu status pekon setiap tahunnya seperti apa, apakah meningkat atau malah turun," kata dia.

Dijelaskannya, pada Tahun 2019 lalu dari 116 pekon tercatat terdapat empat pekon berstatus pekon dengan kategori maju, 54 pekon berstatus pekon berkembang, 55 pekon berstatus pekon tertinggal dan tiga pekon dengan status sangat tertinggal. "Ditahun ini terdapat sejumlah pekon yang mengalami peningkatan status tapi ada juga yang mengalami penurunan status, dimana tahun ini terdapat pekon mandiri, pekon maju meningkat, pekon berkembang dan tertinggal berkurang namun pekon sangat tertinggal bertambah," jelasnya.

Ditambahkannya, dengan adanya dana desa (DD) yang diterima pekon setiap tahun berdampak pada perkembangan pekon sehingga bisa terlepas dari status pekon tertinggal dan sangat tertinggal, terlebih tahun ini cukup banyak pekon yang mengalami peningkatan.

Pihaknya berharap, keberadaan DD bisa terus dimanfaatkan dengan maksimal oleh pekon untuk meningkatkan status pekon dan terlepas dari status pekon tertinggal, apalagi tahun ini terdapat dua pekon yang turun status menjadi pekon sangat tertinggal. "Status pekon berdampak juga dengan status Pesibar," tukasnya. (ers)

Komentar

Daerah Lainnya