TOP 0 Daerah



KRUI, JPNews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) akan menyiagakan petugas penanggulangan bencana daerah pada sejumlah titik lokasi wisata saat libur akhir tahun mendatang.

Hal itu dilakukan sebagai antisifasi terjadinya kecelakaan laut yang bisa menimpa pengunjung lokasi wisata, mengingat saat ini cuaca buruk masih terus terjadi di wilayah Pesibar.

Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Barat Syaifullah mengatakan kondisi cuaca buruk terjadi setiap tahun di Pesibar, terutama menjelang akhir tahun hingga pergantian tahun. "Saat pergantian tahun, kondisi cuaca di Pesibar memang tidak bersahabat, karena memasuki musim hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan gelombang laut tinggi," beber Syaifullah, Kamis (17/12).

Dijelaskannya, untuk mengantisifasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lokasi wisata, pihaknya akan bersiaga dilokasi wisata, karena saat gelombang tinggi sangat rentan terjadi kecelakaan laut.

"Biasanya saat libur akhir tahun, banyak wisatawan yang datang ke Pesibar, saat wisatawan datang tidak sedikit yang mandi atau berenang di laut, mengingat kondisi gelombang sekarang ini kita akan mengimbau untuk mengurangi aktifitas di laut," jelasnya.

Menurutnya, kondisi cuaca buruk masih akan berlangsung hingga awal tahun 2021 mendatang, hal tersebut berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pengunjung dari luar daerah yang hendak datang ke Pesibar agar dapat mewaspadai dampak cuaca buruk yang sedang terjadi. (NOVAN)

Komentar

Daerah Lainnya