SUKABUMI, JPNews - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar Talkshow Desiminasi Informasi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan masyarakat dan pembentukan Program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) se-Kecamatan Nagrak dan Kecamatan Ciambar Sukabumi itu digelar di aula Desa Nagrak, Kamis (26/11).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BNNK Sukabumi, Camat Nagrak, Camat Ciambar, Kapolsek Nagrak, Babinsa, Bhabinkabtibmas serta para Kepala Desa se-Kecamatan Nagrak dan Ciambar.

Kasie P2M BNNK Sukabumi Reni Marliani Iska mengatakan, program Desa Bersinar adalah salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di desa yang dikelola secara mandiri oleh Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat Desa.

"Talkshow ini, dalam rangka pembentukan Desa Bersinar di Kecamatan Nagrak dan Kecamatan Ciambar Sukabumi guna meningkatkan pendampingan masyarakat desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasiskan pendayagunaan sumberdaya di desa," kata Reni.

Lanjutnya, mendindak lanjuti respon yang serius dari Presiden RI agar upaya P4GN bisa dilakukan secara masif dan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa sesuai dengan Inpres nomor 2 Tahun 2020 tentang RAN P4GN Tahun 2020-2024.

"Pemerintah Sukabumi dalam waktu dekat akan langsung merespon intruksi tersebut dengan kegiatan diantaranya konten-konten P4GN disetiap kantor melalui videotron, spanduk, banner himbauan anti narkoba, pemeriksaan urine, membentuk relawan anti narkoba serta satgas anti narkoba. Serta meningkatkan kapasitas aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota dalam memfasilitasi kegiatan Desa Bersih Narkoba," ungkapnya.

Kegiatan talkshow tetap mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah guna pencegahan penularan Covid-19 dengan 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak.(drw)

Komentar

Jabar Lainnya