TOP 0 Edukasi



SUKABUMI, JPNews - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi terus berupaya mendorong peningkatan semangat literasi guna mendukung pencapaian sebagai Kota Literasi.

Salah satunya dengan menggelar kegiatan literasi sinergi yang dilakukan  dengan melibatkan Kepala Perpustakaan Nasional (Kapusnas), Drs, Muhammad Syarif Bando, Kepala Dispusipda Provinsi Jawa barat, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, dan angggota DPR RI Desy Ratnasari, di Aula Kampus  Politeknik Sukabumi, Jumat (06/11).

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Bunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, Kadispusipda Kota Sukabumi, Gabriel M. Sukarman dan Kadisdikbud Kota Sukabumi, Hj. Nicke Siti Rahayu.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, setelah mendapatkan predikat Kota kreatif kedua di tingkat Jawa barat, tentunya target selanjutnya sebagai Kota Literasi dengan menggenjot berbagai program untuk meningkatkan budaya literasi di tengah masyarakat.

"Kota Sukabumi siap dan telah melaksanakan berbagai rekomendasikan dan arahan yang berhubungan dengan gerakan literasi. Bahkan berbagai Infrastruktur dan Suprastruktur kami siapkan ditengah keterbatasan yang ada," kata Fahmi dalam sambutannya. 

Langkah Pemkot Sukabumi untuk mewujudkan Kota Literasi juga dilakukan melalui pembentukan duta baca dari berbagai jenjang pendidikan, sebagai komitmen menggerakkan gerakan literasi. 

Bahkan ada sahabat Gelis (Gerakan Literasi) yang melibatkan Kader PKK dan Darma Wanita. 

"Sahabat Gelis menyusur gerakan literasi untuk ibu-ibu, dan nenek-nenek yang ada di Kota Sukabumi. Kami juga memperbanyak ruang terbuka publik di seluruh kelurahan dengan penguatan Kelurahan Sport Center," urainya.

Untuk itu,  pihaknya meminta ke Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Barat maupun DPR RI pada anggaran 2022 seluruh bantuan DAK yang berhubungan dengan literasi agar di arahkan ke Kota Sukabumi. 

Hal itu di dasari atas Kota Sukabumi ingin menjadi Kota yang sangat peduli terhadap literasi baik tingkat Jawa barat maupun Nasional. 

"Semangatnya kami siap mendukung baik secara provinsi maupun nasional gerakan literasi. Makanya teman-teman Pustakawan yang hadir manfaatkan kegiatan ini untuk penguatan indeks literasi masyarakat untuk mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju," ucapnya.

Ditengah kondisi pandemi, pelayanan di Dispusipda Kota Sukabumi telah dibuka kembali layanan meskipun dengan jumlah yang sangat dibatasi. 

"Perpustakaan juga sudah menyiapkan e-book sebagai sarana yang kami siapkan agar masyarakat mudah mengakses. Peran duta baca juga mengingatkan membaca itu sesuatu hal yang penting," tandasnya. (Yus)

Komentar

Edukasi Lainnya