Bupati Lambar Parosil Mabsus berfoto bersama perwakilan Ormas dan LSM di Lambar.

JPNews - Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus meminta Ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat bersinergi dan berperan aktif dalam pembangunan Lambar. Hal tersut, diungkapkan Parosil Mabsus di forum silatuhrahmi dan pembinaan ormas dan LSM di gedung serba guna (GSG) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimudin Umar, Kamis (1/2).

Parosil mengatakan, keberadaan ormas dan LSM jangan hanya ada namanya saja yang terdaftar di Kantor Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) saja. Namun, Parosil meminta ada peran aktif dari ormas maupun LSM dalam mengawal pembangunan Lambar.

"Saya mengiginkan eksistensi dari ormas dan LSM bukti nyata dalam berbagai sektor dalam memajukan pembangunan. Munculkan pemikiran-pemikiran untuk pembangunan Lambar semakin hebat," ujarnya.

Parosil mengarahkan, sumbangsing pemikiran dari masih-masing ormas dan LSM dapat disampaikan dalam setiap acara musyawarah dan rencana pembangunan (Musrenbang).

"Salurkan ide-ide kreatif saat musren. Ikut berperan aktif dalam pembangunan," imbuhnya.

Selain itu, Parosil juga meminta kepada seluruh ketua ormas dan LSM agar ikut terlibat dalam identifikasi pembangunan di masing-masing daerah. Bila memang ada temuan dugaan penyalahgunaan dalam pembangunan secepatnya diminta melapor.

"Saya tidak anti terhadap ormas maupun LSM. Saya juga terlibat dalam organisasi, jangan sungkan-sungkan untuk mengkritik atupun memberi saran dalam kebijakan pembangunan," terangnya.

Menurut Parosil, sangat disayangkan bila ormas dan LSM hanya terdapat nama dan legalitas saja. Akan tetapi, tidak ada bukti nyata dalam mengawal pembangunan. (dri/drw)

Komentar

Nusantara Lainnya