KRUI, JPNews - Pjs. Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Achmad Chrisna Putra membuka acara sosialisasi peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pengelolaan anggaran negara di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Tahun 2020, di aula SDN 82 Krui Kecamatan Karyapenggawa, Rabu (14/10).

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampung Barat (Lambar) selaku narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait pengetahuan hukum dalam kegiatan rangka pencegahan tindak pidana korupsi," ucap Chrisna mengawali sambutannya.

Menurut Chrisna, umumnya kepala sekolah berlatar belakang pendidikan keguruan, yang kesehariannya adalah mengajar, mendidik siswa supaya menjadi lebih cerdas. "Karena basic adalah pendidik, maka merupakan hal yang wajar, lumrah, jika pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang hukum juga sangat minim atau lemah," jelasnya.

Namun demikian, dalam jabatannya sebagai kepala sekolah memiliki kewenangan dalam pengelolaan rumah tangga sekolah yang mandiri, termasuk didalamnya adalah pengelolaan anggaran yang bersumber dari APBN maupun APBD. "Pengelolaan anggaran inilah yang secara umum memiliki konsekuensi atau pertanggungjawaban dimata hukum. Karena setiap pengelolaan anggaran negara harus dapat dipertanggungjawabkan secara transparan dan akuntable sekecil apapun itu," tegasnya.

Masih kata Chrisna, kepala sekolah dengan pengetahuan tentang hukum yang kurang memadai juga terkadang kurang memiliki kemampuan pengelolaan dan pertanggung jawaban anggaran yang memadai, menjadikan kepala sekolah sebagai individu yang rawan bermasalah ketika tersangkut masalah hukum. "Tentu hal ini bukan sesuatu yang kita inginkan. Maka dari itu, sangat tepat sekali kegiatan yang diselenggarakan oleh Disdikbud bekerja sama dengan Kejari Lambar," ungkapnya.

Karenanya dirinya berharap kegiatan itu dapat memberikan tambahan wawasan sekaligus masukan ilmu yang baik. Hal itu agar kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan anggaran negara menjadi semakin lebih baik.

Turut Hadir, Kajari Lambar, Plt. Kepala Disdikbud, Kasi Datun, Kasi Pidsus, Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). (ers)

Komentar

Lampung Lainnya