SUKABUMI, JPNews - Operasi Yustisi mendisiplinkan warga gunakan masker terus dilakukan di Polres Sukabumi Kota.
Salah satu lokasi operasi yustisi dilakukan di Bunderan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/09) sore.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menuturkan, salah satu tujuan Operasi Yustisi ini adalah untuk mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Operasi Yustisi seperti ini digelar rutin setiap hari, sebagai upaya memutus rantai penularan virus corona," katanya.

Lanjutnya, meski Operasi Yustisi sering dilakukan, masih ada saja warga yang membandel tidak menggunakan masker.

"Sanksi yang diberikan adalah menyapu di sekitar lokasi razia," ucapnya.

Menurutnya, tercatat tim gabungan Operasi Yustisi telah melaksanakan penindakan sebanyak 6863 kali. Data tersebut diperoleh dari pelaksanaan Operasi Yustisi terhitung sejak 14 sampai dengan 29 September 2020.

"Para pelanggar protokol kesehatan diberi sanksi teguran 4347, sanksi sosial 1625, dan sanksi fisik (sit up, push up) 891," ungkapnya.

Disamping itu, Sumarni mengatakan, pada kesempatan yang sama dilakukan pemasangan stiker bertuliskan “Ayo Pake Masker” di sejumlah mobil Angkot (Angkutan Kota) yang melintasi Bunderan Sukaraja untuk mengimbau masyarakat untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan.

“Hari ini, kami jajaran Polres Sukabumi Kota melakukan pemasangan stiker imbauan ‘Ayo Pakai Masker’ di beberapa mobil Angkot yang ada di sekitar Bunderan Sukaraja Sukabumi,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa aksi yang dilakukan oleh jajarannya tersebut dilakukan untuk mengingatkan masyarakat temtang pentingnya menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Harapan kami, melalui stiker ‘Ayo Pakai Masker’ yang dipasang di mobil angkot ini, masyarakat akan selalu melihat dan selalu ingat, bahwa kemanapun dan dimanapun berada, mereka harus memakai masker sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus Corona,” urainya.

“Kami dari Jajaran Polres Sukabumi Kota bersama-sama dengan TNI, Sat Pol PP, Dishub dan Instansi terkait lainnya akan terus mengawasi dan menindak masyarakat yang masih bandel tidak menerapkan protokol kesehatan, minimal yang 4M yaitu, Menggunakan masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan,” pungkasnya. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya