SUKABUMI, JPNews - Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdul Rachman memastikan rencana bisa beroperasi Bus Rapis Transit (BRT) atau lebih dikenal dengan Bus Tayo bersama Bus Wisata Ajak Kami. 

"Besok kami akan launcing operasional BRT dan Ajak Kami, di momen perayaan Harhubnas. BRT akan kami fokuskan untuk layanan transportasi masyarakat di sepanjang jalur lingkar selatan," paparnya kepada awak media disela-sela persiapan acara launcing di Terminal Tipe C Kota Sukabumi, Rabu (23/09). 

Menurutnya, usai dilauncing,  BRT dan bus wisata Ajak Kami akan langsung beroperasi dengan masa uji coba tiga bulan kedepan. Selama uji coba, BRT dan bus wisata Ajak Kami tak dikenakan tarif alias gratis.

"Masa uji coba baik BRT dan Ajak Kami, kita akan gratiskan ke masyarakat. Untuk melihat seberapa jauh antusias masyarakat terhadap Bus Tayo dan Ajak Kami," terangnya. 

Ia menambahkan, kedua bus tersebut untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat, baik kebutuhan akses menuju Terminal Tipe A dan C,  maupun akses menuju ujung Jalur Lingsel, Jalan Cibolang, dan ujung Jalur Jalan Sarasa.

"Bus Tayo dan Ajak Kami selanjutnya akan berada di Terminal Tipe C, sebagai simpul transportasi untuk rute kedua bus tersebut," ucapnya.

Lanjutnya, untuk masa coba kedua bus itu,  Dishub akan berlakukan jam operasional, tiga kali dalam sehari, pagi jam 08.00,  siang jam 13.00 dan sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Dengan di operasionalkan BRT juga Ajak Kami bisa lebih memberikan pelayanan transportasi kepada masyarakat. Seperti diketahui sepanjang rute Lingkar Selatan tidak ada akses angkutan, semoga BRT bisa menjawab kendala tersebut. Sedangkan bus Ajak Kami untuk melayani masyarakat mendatangi lokasi wisata yang ada di kita," urainya.

Sementara itu, ketua Panitia Harhubnas sekaigus kepala UPT Terminal Tipe C,  Ade Rusli Effendi menuturkan, persiapan kegiatan besok sudah 90 persen,  dimulai dari membersihkan area Terminal Tipe C dan mendekor lokasi kegiatan.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, Harhubnas tidak di lengkapi dengan Upacara karena masih kondisi pandemi Covid-19. Acara Harhubnas juga akan digabung dengan acara Hari Polantas, selain ada launcing BRT dan Ajak Kami,  kita ada kegiatan santunan anak yatim dan gelar tasyakuran," ungkapnya. (Yus/drw)

Komentar

Jabar Lainnya