TOP 0 Pemerintahan



KABUPATEN BEKASI, JPNews - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi lakukan pelatihan tata kelola Bandan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan Badan Pengelola Keuangan Desa (BPKD) di Hotel Grand Cikarang, Senin (24/8).

Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan, di situasi pandemik ini kontraksi pertumbuhan ekonomi mines 5 persen. Denga harapanya, bagaimana desa tetap ajeg, bagaimana BUMDes di desa ini memberikan multi player efek kepada masyarakat supaya perekonomian ini berkembang.

"Kami tahu di Kabupaten Bekasi belum secara totalitas BUMDes ini berkembang, dari 180 desa progrsnya ada yang maju, ada yang baru dan ada yang berkembang, jadi kadang-kadang kepala desa juga masih mencari bentukan. Bentukannya seperti apa BUMDes yang akan di bentuk," kata Ida Senin (24/8).

Dengan tegas Ida mengatakan, pengelolaan BUMDES secara aman jangan coba-coba pengurus BUMDes macem-macem, jangan ada semacam pencucian uang.

"Ada penyertaan modal kegiatannya belum ada tapi uangnya habis untuk honor. Itu juga tidak bagus," jelas Ida.

Tambah Ida, adapun misalnya kita mampu melihat posisi, disetiap desa banyak peluang-peluang untuk bisa di kembangkan sesuai dengan potensi yang ada.

Selain itu, sambung Ida, meski belum di kukuhkan secara resmi Forum BUMDes sudah kerajasama dengan President university.

"President university juga sudah membantu membuat aplikasi, bebrapa perguruan tinggi juga sama seperti ITSB kemudian juga yang ada di Kabupaten Bekasi mereka ikut berkiprah," paparnya.

Termasuk nanti pengembangannya dengan BUMD kemudian PDAM karena ada BUMDes juga yang mengelola untuk air minum. Termasuk Pak Bupati juga sudah berbicara langsung dengan penguasa kawasan industri yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Kita punya kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, tapi bagaimana supaya kita ini bisa masuk. tentunya dengan standar-standar yang harus di penuhi," ujarnya.

Jadi, silahkan ini sudah di minta oleh Pak Bupati, kitapun sudah menyusun BUMDes mana saja yang nanti bisa di bangun network dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi.(Gie)

Komentar

Pemerintahan Lainnya