SUKABUMI, JPNews - Pengacara asal Sukabumi Bahtera Gurning mengapresiasi kinerja HRD PT Mulia Industri atas respon melayani dalam menangani keluarga karyawan yang telah mengurus administrasi atau hak ketenagakerjaan pasca suaminya meninggal dunia.

“Mengapresiasikan dan menilai positif kinerja Bapak Tjutju Darmanto selaku HRD PT Mulia Industri di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi yang memiliki kinerja yang baik,” kata Managing Director dari Bahtera Law Office Consultant ini kepada JPNews, Senin (24/8).

Menurutnya, tidak sedikit terjadi suatu masalah perselisihan hubungan industrial di dunia bisnis khususnya berkaitan dengan tenaga kerja, yang mungkin terjadi karena berbagai penyebab, namun banyak juga upaya baik dari perusahaan yang sangat menjaga agar perselisihan hubungan industrial tidak terjadi karena akan berpengaruh besar pada operasional bisnis suatu perusahaan.

“Menjaga keharmonisan dalam hubungan industrial bukanlah hal mudah, dan bukan juga hal yang sulit dibutuhkan pengetahuan dan profesionalan yang baik yang perlu dimiliki oleh manajemen khususnya dilaksanakan oleh HRD suatu perusahaan,” ucapnya.

Gurning mengaku, kliennya yang bernama Esdelina K Panjaitan ibu dari 2 anak yg ditinggal suaminya meninggal dunia dan suaminya tersebut merupakan karyawan PT Mulia Industri.

“Mengucapkan terimakasih kepada HRD PT Mulia industri yg telah baik dan berikan informasi yang jelas untuk mengurus hak-haknya sebagai ahli waris suaminya, baik persyaratan dan prosedur yang harus dijalankan oleh ibu tersebut hingga terselesaikan dengan baik,” terangnya.

Lanjutnya, Ibu Esdelina diketahui sangat buta hukum sehingga berinisiatif konsultasi Bahtera Law Office Consultant yang aktif memberikan pendampingan hukum Bidang Hubungan Industrial di Perhimpunan Advokat Indonesia DPC Peradi Kota Bogor dan Koordinator Hukum dan Advokasi di DPK Apindo Kabupaten Sukabumi.

Hal senada dikatakan, Bayu T Saputro, selaku partner lawyer di Bahtera Law Office membenarkan hal tersebut, memang biasanya kantor kami Bahtera Law Office Consultant suka tangani masalah yang kebanyakan masalah corporate dan tenaga kerja.

“Terutama Pak Bahtera Gurning sangat welcome apabila ada perusahaan bahkan karyawan yang mau sharing dan konsultasi persoalan perusahaan dan tenaga kerja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terkait kliennya bernama Esdelina selaku istri dari alm karyawan PT Mulia Industri telah berikan kuasa tertanggal 16 Juni 2020 sehingga kliennya dapat konsultasi sesuai undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku di indonesia.

“Sebenarnya teori dan hukum tenaga kerja sangat mudah dipelajari jadi kami hanya kasih advise sesuai undang-undang dan peraturan yg berlaku di indonesia saja,” jelasnya.

Bahtera Law Office dan teamnya telah mendampingi dengan baik kliennya dari memberikan advise, dan kliennya kumpulkan syarat-syarat administrasi sesuai prosedur.

“Kami sebagai lawyer buat nyaman klien dengan berikan pendampingan untuk datang ke perusahaan bertemu HRD PT Mulia Industri, dan hal yang positif klien dan kami dilayani dengan baik oleh Bapak Tjutju Darmanto selaku HRD Perusahaan dari PT Mulia Industri, sangat diapresiasi,” ucapnya.

Menurut Bayu, kliennya tidak paham hukum, sehingga wajar datang berkonsultasi kepada kami dan minta bantuan hukum dari kami dan kami setelah dikuasakan dan jadi konsultan hukum selalu berikan advise sesuai undang-undang dan ditambah perusahaan tempat alm suaminya sangat diapresiasi tidak ada yg dibuat sulit semua lancar, perusahaan bantu administrasi hak-hak kliennya tersebut sehingga segala urusannya selesai dengan baik dan cepat.

Sebagai Ketua bidang Hubungan Industrial DPC Peradi Kota bogor dan Koordinator Hukum dan avokasi DPK APINDO Kabupaten Sukabumi memang pak Bahtera Gurning sangat welcome dan menyambut apabila ada masyarakat yg mau konsultasi terutama masalah ketenagakerjaan dan perusahaan.

“Terkadang tentang perselisihan terkait PHK sepihak, pesangon atau hak-hak yang tidak sesuai, ada juga mutasi karyawan yang tidak sesuai. Jadi kalau benar, ya kita sampaikan benar. Kalau salah kita sampaikan salah, jangan diputar-putar. Dan kami berharap perusahaan harus selalu berikan respon cepat dan baik apabila ada masalah diperusahaannya terutama terkait tenaga kerja, supaya perusahaan bisa tetap jalan normal dan karyawan tetap bisa bekerja dengan baik. Kalau perusahaan lancar operasionalnya dan tidak ada perselisihan dengan karyawan sehingga sangat baik untuk perusahaan sehingga lapangan kerja tetap terjaga,” bebernya.

“Kami puas kalau klien nyaman bantu selesaikan masalahnya, reputasi baik dari klien nomor satu,” pungkasnya menambahkan. (Rls/drw)

Komentar

Jabar Lainnya