JAKARTA, JPNews - 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ketika menyambut hari kemerdekaan, biasanya mulai dari film, lagu, hingga perlombaan-perlombaan bertemakan kemerdekaan.

Tahun ini, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, beberapa lagu lama bertemakan kemerdekaan sering diputar di YouTube, radio, hingga televisi. 

Berikut adalah kumpulan lagu lama yang menggugah semangat nasionalis, namun tetap enak didengar sepanjang masa.

Cokelat (Bendera)

Meski dipopulerkan oleh grup band Cokelat, "Bendera" merupakan ciptaan dari Eross Chandra atau Eross Sheila on 7. "Bendera" sudah seperti lagu wajib yang harus dinyanyikan selama masa 17an.

NTRL (Garuda di Dadaku)

Lagu milik grup band NTRL yang dulunya bernama Netral ini, selalu diputar saat ada pertandingan olahraga namun "Garuda di Dadaku" juga jadi pengiring saat perlombaan 17an.

Pee Wee Gaskins (Dari Mata Sang Garuda)

Lagu dari grup band Pee Wee Gaskins ini memberi semangat bagi pada pendengarnya. Selain diputar saat perlombaan 17 Agustusan, lagu ini juga sering dimainkan saat pertandingan olahraga.

Gombloh (Kebyar-Kebyar)

Lagu ini sering dibawakan dari panggung ke panggung, bahkan hampir semua orang hafal dengan "Kebyar-Kebyar" dari penyanyi Gombloh. Meski lagu ini dirilis pada 1979, "Kebyar-Kebyar" masih enak untuk dinyanyikan, lirik lagunya pun sangat mendalam.

Chrisye (Negeriku)

Lagu ini dirilis pada tahun 1977 oleh musisi legenda Chrisye. "Negeriku" sering diputar saat 17 Agustus ataupun pertandingan olahraga.

Lagu ini juga sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia baik yang muda ataupun orangtua. Lirik lagu yang mengingatkan akan pentingnya rasa nasionalis dan kebanggaan pada Indonesia.

Grup rock legenda Indonesia, God Bless merilis lagu tersebut pada tahun 1988, namun "Rumah Kita" selalu berkumandang baik di Hari Kemerdekaan hingga peristiwa kenegaraan lainnya.

Superman is Dead (Jadilah Legenda)

Lagu yang dirilis oleh grup band Superman is Dead atau SID ini dirilis pada tahun 2013. "Jadilah Legenda" merupakan soundtrack dari "Aku Anak Indonesia", lagu tersebut cukup sering diputar saat 17an. Lirik "Jadilah Legenda" mengingatkan untuk mencintai bangsa dan tidak menyerah dengan segala cobaan.

 

Sumber:Antara

Komentar

Nasional Lainnya