Sosialisasi penerapan new normal di Pasar Liwa, Balikbukit, Lambar, Minggu (31/5). Foto: Ist for JPNews

LIWA, JPNews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) sosialisasikan kebijakan tatanan kehidupan baru (New Normal) kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Minggu (31/5).

Sebab, mulai Selasa (2/6) Lambar akan menerapan kebijakan New Normal, utamanya di sejumlah spot perkumpulan massa, seperti pasar, di kabupaten itu. Yang tak taat bakal disanksi.

Dua pasar menjadi pilot project (proyek percontohan), yakni Pasar Liwa, Balikbukit dan Pasar Sekincau.

Penerapan new normal telah disosialisasikan aparat gabungan: tim gugus tugas percepatan penanganan coroba virus dissaese 2019 (covid-19) Lambar, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Pol-PP dan TNI-Polri.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Lambar, Yudha Setiawan mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan kesiapan dalam menjalankan tatanan baru yang akan diberlakukan mulai pekan depan. 

Dimana, pedagang dan pengunjung pasar diminta untuk selalu mematuhi segala protokol kesehatan covid-19 yang diterapkan oleh pemerintah. 

"Hari ini kita menjalankan amanat pimpinan (Bupati), bahwa kita (Pemkab Lambar) mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan tatanan baru new normal ditengah covid-19," katanya.

Yudha mengatakan, baik pengunjung dan pedagang yang ada di pasar wajib melaksanakan protokol kesehatan dalam menerapkan new normal ini. Dimana, salah satunya yakni, pengunjung dan pedangan selalu menggunkan masker dam menjaga jarak serta rajin cuci tangan.

Dikatakan Yudha, mekanisme dalam penarapan new normal di Pasar Liwa yakni dengan merubah tatanan jarak bagi pengunjung dan pedagang. Dimana, pihaknya melalui petugas pasar setempat akan memberi jarak untuk pedagang menawarkan jualannya kepada pengunjung.


"Nanti polanya akan diatur oleh petugas pasar. Di mana, antar pedangan akan diberi jarak aman dalam menawarkan dagangannya," ucapnya.

Yudha berharap, kepada seluruh Masyarakat Lambar dapat mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkam dalam menjalankan new normal ini. 

Sementara menurut Kabid Penegakan Perda dan Perbup, Sat Pol PP Lambar, Sukardi, mendampingi Kasat Haiza Rinsa, pilot projects di Pasar Liwa dan Pasar Sekincau. "Tapi pelaksanaannya di semua pasar," ujar Sukardi.


Bagi masyarakat yang tidak mentaati anjuran, tidak diperkenankan untuk masuk ke lokasi pasar. Mereka bakal diperintahkan putarbalik alias pulang ke rumah.

"Untuk tindakan tegas kami serahkan ke TNI/Polri," pungkasnya.

(dri/esa/jpn)

Komentar

Lampung Lainnya