TOP 0 Bola



JAKARTA, JPNews - Akhirnya liga olahraga paling banyak ditonton manusia di dunia, Liga Inggris, mengikuti langkah Liga Jerman menggulirkan lagi musim kompetisi yang terhenti oleh pandemi COVID-19, mulai 17 Juni mendatang.

Keputusan Liga Inggris itu diumumkan Kamis 28 Mei 2020 atau bersamaan dengan Serie A Italia dan enam hari setelah liga sepak bola besar Eropa lainnya, La Liga Spanyol, menyatakan 11 Juni sebagai awal memainkan lagi musim kompetisi yang tertunda.

"Hari ini kami untuk sementara setuju melanjutkan Liga Premier pada Rabu 17 Juni. Tetapi tanggal ini belum bisa dikonfirmasi sampai kami sudah memenuhi semua syarat keselamatan yang dibutuhkan mengingat kesehatan dan kesejahteraan semua pemain dan suporter adalah prioritas kami," kata Kepala Eksekutif Liga Premier Inggris Richard Masters.

"Kami akan terus bekerja langkah demi langkah dan berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan guna melanjutkan musim 2019/2020," sambung Masters.

Dengan demikian, mengutip AFP, antara 28 Mei sampai dengan 1 Juli nanti, penduduk benua Eropa sudah bisa menyaksikan kembali kompetisi-kompetisi sepakbolanya, mulai dari Denmark pada 28 Mei sampai dengan Finlandia pada 1 Juli. Jerman dan Kepulauan Faroe sudah lebih dulu melakukannya, sedangkan Belarus menjadi satu-satunya liga yang tak menghentikan kompetisi ketika pandemi mengamuk.

Negara-negara Eropa yang sudah pasti membuka lagi tirai kompetisinya dari 28 Mei sampai 1 Juli itu adalah Denmark, Polandia, Serbia, Ukraina, Austria, Portugal, Slovenia, Kroasia, Yunani, Spanyol, Turki, Norwegia, Inggris, Italia, Rusia, Finlandia dan Swiss.

Kemudian, mulai 20 Juni mendatang, para penggemar sepakbola di seluruh dunia sudah bisa menikmati kembali secara bersamaan pertandingan-pertandingan di empat liga sepakbola paling menarik dan paling banyak ditonton di dunia di Jerman, Spanyol, Inggris dan Italia.

Liga-liga sepakbola itu akan menggulirkan kompetisi di stadion tanpa penonton dan kemungkinan besar dipandu oleh protokol kesehatan yang ketat seperti diterapkan Bundesliga yang dalam dua pekan terakhir bekerja dengan baik sekalipun belum sempurna.

Aston Villa versus Sheffield United dan Manchester City melawan Arsenal menjadi dua laga pembuka untuk restart Liga Inggris pada 17 Juni, namun jadwal penuh baru dimainkan pada 19-21 Juni.

Ketika Liga Inggris dihentikan oleh pandemi, liga sepak bola paling makmur di dunia itu menyisakan 92 pertandingan lagi dari total 760 pertandingan yang harus diselesaikan dalam satu musim. Itu artinya setiap tim harus memainkan sembilan laga dan sebagian kecil lainnya menyisakan sepuluh pertandingan.

Ke-92 pertandingan tersisa Liga Inggris yang akan dimainkan di stadion-stadion tertutup itu akan disiarkan langsung oleh Sky Sports, BT Sport, Amazon Prime, dan BBC.

BBC Sport akan menayangkan langsung lima pertandingan yang merupakan pertama kalinya terjadi sejak Liga Premier diperkenalkan pada 1992.

Sky Sports menjadi penayang terbanyak dengan 64 laga yang 25 pertandingan di antaranya free to air alias gratis.

Pertandingan dimainkan setiap hari yang tentu saja Sabtu dan Minggu memiliki jumlah pertandingan terbanyak. Kick-off setiap laga paling awal mulai pukul 12.30 waktu setempat atau 18.30 WIB, dan paling akhir pukul 20.00 waktu setempat atau 02.00 WIB.

Mengingat panitia penyelanggara ingin mengusahakan seluruh pertandingan dinikmati rakyat Inggris yang negaranya menjadi negara terparah kedua setelah Amerika Serikat dengan jumlah korban meninggal dunia terbanyak akibat COVID-19.

(Sumber: Antara)

Komentar

Bola Lainnya