Ketua KPU Kabupaten Pesawaran, Yatin Putro Sugino

GEDONGTATAAN, JPNews - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino mengungkapkan, tahapan Pilkada serentak yang dihelat Desember 2020 mendatang masih menunggu revisi Peraturan KPU (PKPU) karena faktor penundaan pelaksanaan akibat wabah Corona. 

"Sebelumnya PKPU yang mengatur tentang tahapan program dan jadwal adalah PKPU nomor 16 tahun 2019, direvisi lagi menjadi PKPU 2 tahun 2020. Dan dengan berubahnya pelaksaanaan Pilkada dari 23 September 2020 menjadi 9 Desember 2020 maka PKPU tersebut secara otomatis akan di revisi lagi," ungkapnya, Kamis (28/5) via telepon.  

"Pada intinya kita menunggu revisi PKPU terbaru untuk melanjutkan tahapan yang sempat tertunda beberapa kali," timpalnya. 

Ditambahkan, pada pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Pesawaran dipastikan tidak diikuti Calon perseorangan karena sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada yang memenuhi persyaratan. 

"Independent tetap tidak ada karena tahapannya sudah melewati batas waktu yang sudah ditentukan," tambahnya.  

Hal ini menindaklanjuti keputusan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Menteri Dalam Negeri (Mendagri), KPU RI bersama Komisi II DPR RI yang menyebutkan bahwa Pilkada serentak akan digelar pada bulan Desember 2020. (Ran/Ram)

Komentar

Lampung Lainnya