Kadiskes Pesibar, Tedi Zadmiko

JPNews-Jumlah masyarakat Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar),  Lampung, yang positif terpapar Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) kembali bertambah dua orang setelah sehari sebelumnya satu orang dinyatakan positif Covid-19.

Hingga, Senin (25/5), jumlah masyarakat Pesibar yang sudah dinyatakan positif Covid-19 menjadi tiga orang berdasarkan hasil swab PCR yang dilakukan oleh tenaga medis pada 12 Mei lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesibar, Tedi Zadmiko, saat dikonfirmasi mengatakan berdasarkan hasil swab PCR yang keluar hari ini, dua warga Pesibar dinyatakan positif Covid-19. 

"Hingga hari ini jumlah positif terpapar Covid-19 sudah mencapai tiga orang," kata Tedi.

Ketiga orang tersebut, lanjut Tedi, AR (19) warga Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan yang sudah dinyatakan positif pada, Minggu (24/5) kemarin. Sedangkan dua lainnya, MA (18), warga Pekon Negeriratu Ngambur Kecamatan Ngambur, dan FP (13), warga Pekon Ulukrui Kecamatan Waykrui. "Ketiganya merupakan santri di Pondok Pesantren Temboro, Magetan," papar Tedi.

"Saat ini ketiganya berikut dengan keluarganya sudah dilakukan isolasi, termasuk kami juga sudah memberikan edukasi, pemahaman agar satu keluarga tersebut tidak keluar rumah dan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mematuhi protokol kesehatan," lanjutnya.



Selasa (26/5) besok, pihaknya akan melakukan swab PCR ulang untuk mengetahui perkembangan. "Tentu kami berharap hasil swab PCR ulang nanti terhadap ketiganya yang merupakan satu rombongan yang pulang dari Ponpes Temboro itu sudah negatif, karena memang ketiganya sama-sama Orang Tanpa Gejala (OTG)," imbuh Tedi.

Lagi-lagi Tedi mengimbau, agar ketiga keluarga tersebut bisa bekerjasama dengan petugas dengan berkoordinasi dan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu dia juga mengimbau agar warga tidak panik dengan bertambahnya orang yang sudah dinyatakan positif Covid-19 tersebut. "Tidak perlu keluar rumah jika tidak mendesak, tetap gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun. Dan bagi warga yang berada di sekitar rumah orang yang dinyatakan positif itu agar bisa memberikan dukungan sebagai penyemangat agar cepat dinyatakan negatif dan sembuh," imbau Tedi.

Masih kata Tedi, pihaknya akan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. "Akan tetapi upaya kami akan tetap sia-sia tanpa peran aktiv masyarakat yaitu dengan mematuhi imbauan pemerintah dan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

"Yang terpenting saat ini kita (masyarakat Pesibar) untuk melawan Covid-19 dengan kompak, saling support, tidak perlu khawatir, apalagi mengucilkan," tukas Tedi. (ers)

Komentar

Lampung Lainnya