Pemain Persib Lulungu Keneh, Lur!

TOP 0 Netizen

Foto: dok Liga 1

JPNews - Pemain Persib masih Lulungu, Kawan! Itulah kira-kira terjemahan dari judul di atas. Lulungu dalam bahasa masyarakat Sunda diartikan dengan kondisi yang masih bingung ketika bangun tidur. Kondisi dimana kesadaran seseorang belum seutuhnya pulih dari tidur yang sangat nyenyak. Tidur setelah melakukan aktivitas yang sangat melelahkan.

Ketika seorang ada di kondisi Lulungu tersebut, tidak bisa dia langsung menjalankan aktivitas. Dia harus diam sejenak untuk memulihkan kesadaran serta staminanya. Jika dipaksakan langsung jalan, dia bisa sempoyongan karena belum sadar penuh dan juga belum memiliki tenaga.

Kondisi ini seperti menjangkiti para punggawa Maung Bandung awal musim ini. Pemain di lapangan masih mudah ditumbangkan lawan karena kebingungan mencari format permainan dan lemah ketika diterjang habis lawan sepanjang pertandingan.

Masa-masa seperti ini seperti menjadi siklus tahunan maung Bandung di era liga modern. Setelah juara di tahun 94/95, Sang Maung terseok-seok. Atau pada musim 2008, Persib di bawah Jaya Hartono berhasil duduk di peringkat tiga klasemen di akhir musim. Namun sayang, beberapa musim selanjutnya Persib kembali terseok.

Hingga pada tahun 2013 saat Djanur menukangi Pangeran Biru, secercah harapan muncul. Terbukti di tahun selanjutnya, musim 2014 Persib menyudahi puasa gelar kasta tertinggi sepak bola selama 14 tahun lamanya. Tapi lagi-lagi sayang, musim 2015 hingga saat ini Persib masih tampak belum bangun.

Seperti orang tidur tadi, Persib sepertinya kelelahan mengejar gelar juara selama 14 tahun. Pasalnya pada era keemasan Djanur sebagai pelatih Persib, tak hanya piala liga yang digondol. Tapi juga beberapa piala kompetisi pra musim, salah satunya Piala Presiden.

Setelah itu Persib seperti kembali tertidur. Buktinya adalah klasemen akhir musim lalu, bahkan Persib sempat hampir masuk zona degradasi. Kini Persib mencoba bangun dari tidur dengan mendatangakan Mario Gomez, yang berambisi membangun tim dalam skema jangka panjang.

Untuk itu Persib masih Lulungu untuk mengarungi musim ini dengan armada baru. Kita berharap agar para pemain, pelatih, serta jajaran official bisa segera mengembalikan kondisi prima Persib. Seperti jargon mereka saat launching lalu, #ayobangkitpersib

Oleh Imam Maula Fikri, Bobotoh dan pecinta sepak bola Tanah Air.

Komentar

Netizen Lainnya