TOP 0 Ekonomi



JPNews - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengajak masyarakat untuk mudik dengan kapal laut selama masa Angkutan Lebaran 2018.

Humas Ditjen Perhubungan Laut Wisnu Wardana dalam keterangan tertulis yang diterima JP-News.id, Minggu (1/4), menyebutkan pihaknya telah menyiapkan kuota mudik gratis dengan kapal laut untuk 15.200 unit sepeda motor dan 30.400 orang yang akan diangkut oleh kapal laut yang selamat, aman, tertib, dan nyaman.

Jadwal keberangkatan mudik yaitu pada 9,10,11,12 dan 13 Juni 2018 dengan trayek Tanjung Priok Jakarta - Tanjung Emas Semarang.

Untuk arus balik, pada 18,19,20,21 dan 22 Juni 2018 sengan trayek Tanjung Emas Semarang - Tanjung Priok Jakarta.

"Trayeknya Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta - Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, PP, jadi selesai mudik bisa ikut pulang ke Jakarta lagi," katanya.

Cara pendaftaran secara daring, yaitu melalui mudikgratis.dephub.go.id dengan mengisi data dan lengkapi persyaratan lalu dapatkan kode pemesanan, kemudian bawa kode pemesanan ke tempat verifikasi untuk mendapatkan tiket.

Pendaftaran dibuka mulai tgl 25 Maret sampai 19 Mei 2018, verifikasi Pendaftaran Online, dimulai dari 27 Maret sampai 19 Mei 2018.

Sementara itu, untuk pendaftaran langsung dengan membawa persyaratan seperti KTP, SIM C, STNK, KK asli.

Pendaftaran dibuka mulai 21 Mei sampai 2 Juni 2018 pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB setiap hari, selama kuota masih tersedia.

Lokasi Verifikasi Dan Pendaftaran Langsung, yaitu di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jalan Panaitan nomor 105 Tanjung Priok Jakarta Utara.

Syarat dan ketentuan, yaitu emiliki STNK dan SIM yang sah, kondisi motor layak jalan, tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses "lashing", harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), harus dilengkapi dengan pegangan belakang, ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik, tidak diperbolehkan adanya kotamsamping kiri, kanan maupun belakang, jumlah helm harus sesuai dengan jumlah penumpang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan maksimal satu liter/motor, kunci motor pada saat akan diangkut dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana.

Setelah melakukan pendaftaran daring peserta mudik wajib melakukan verifikasi data dengan membawa bukti pendaftaran daring dan kelengkapan persyaratan administrasi (SIM C, STNK, KTP, KK) paling lambat tujuh hari kerja setelah pendaftaran online di lokasi-lokasi yang telah ditentukan pada pukul 09.00-16.00 WIB setiap hari. (rls/JPN)

Komentar

Ekonomi Lainnya