TOP 0 Daerah

ist

JPNews - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji, Lampung tak membatasai desa penggunaan dana desa (DD) untuk menangani penyebaran virus corona (covid19).

Itu untuk memerangi Covid-19 di setiap desa, sehingga harus mendirikan posko-posko pencegahan Covid-19 di desa tersebut untuk mendeteksi atau pendataan keluar masuknya masyarakat.

Pemerintah Desa diizinkan menggunakan Dana Desa untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Penggunaannya diarahkan kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Penggunaan Dana Desa buat pencegahan virus corona tidak terbatas. Disesuaikan kebutuhan di masing-msing desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sunardi Sukau, kepada JPNews, Rabu (8/4).

Namun ia mengingatkan, pendamping desa dan pendamping lokal desa harus ikut terlibat dan berperan lebih aktif melakukan pendampingan dalam perencanaan padat karya tunai desa dan pencegahan Covid-19.

Ia menambahkan, mempertimbangkan situasi wabah virus corona, kegiatan dengan pola PKTD dilaksanakan dengan tetap  memerhatikan sejumlah imbauan pemerintah.

"Menerapkan jarak aman antara satu pekerja dengan pekerja lainnya minimum 2 meter; Bagi pekerja yang sedang batuk atau pilek, wajib menggunakan masker," ujarnya.

Dengan demikian, setiap desa harus benar-benar dalam ke ikut sertaan melawan virus corona.

Dengan memperhatikan masyarakat sekitar, seperti menyediakan tempat tempat untuk cuci tangan di setiap fasilitas umum, serta wajib memberikan masker secara cuma cuma kepada warganya baik yang sakit maupun yang sehat.

"Dikarnakan setiap desa di Mesuji dalam memerangi virus corona. 

"Mengaloksikan dana desa sesuai dengan kebutuhan desa tersebut. Dengan nominal bervariasi dari puluhan juta hingga ratusan juta," ujarnya.

Masih kata Sunardi, itu semua merujuk peraturan berlaku.

"Pemendagri, kemendes, gubernur dan bupati setempat, bahwa setiap desa bisa meng alokasikan dana desa untuk memerangi penyebaran Covid -19 ini," tambahnya tanpa menyabut detail peraturan tersebut. (fan/JPN)

Komentar

Daerah Lainnya