Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Tri Joko

JPNews - Ratusan Rapid Test dan alat pengaman diri (APD) bantuan dari Pemerintah Pusat sudah didistribusikan ke Rumah Sakit dan Puskesmas rawat inap yang ada di Kabupaten Pesawaran. 

"Ya, 100 Rapid Test dan APD sudah kita distribusikan kepada rumah sakit dan puskesmas puskesmas rawat inap yang ada di Kabupaten Pesawaran, khususnya ke daerah daerah yang memang kita anggap mempunyai kemungkinan Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Tri Joko, saat ditemui di Kantor Sekretariat pemkab setempat, Senin (6/3). 

Dijelaskan dia, selain bantuan yang sudah diterima kali ini, tahap selanjutnya, Pemkab Pesawaran kemungkinan akan menerima kembali bantuan Rapid Test dari pusat.

"Kemungkinan alat itu akan dikirim lagi bersamaan juga dengan APD, karena jumlah yang kita terima hari ini masih belum mencukupi kebutuhan kita untuk menangani Covid-19," jelas dia. 

Dirinya juga mengatakan, Rapid Test ini juga sudah digunakan di beberapa daerah, dan juga dikhususkan untuk masyarakat yang masuk dalam Orang Dalam Pengawasan (ODP). 

"Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi seseorang untuk melawan virus corona," terang dia. 

Dirinya juga menjelaskan, data sampai pertanggal 5 April 2020, ODP 19 orang dengan rincian ODP selesai pemantauan 6 orang, ODP masih dalam pemantauan 13 orang, dan ODP yang mengisolasi di rumah sebanyak 12 orang.

"Sedangkan yang dirawat di RSUD Pesawaran, sebanyak dua orang, satu ODP dan satunya lagi PDP, dan yang PDP ini setelah menerima laporan terkahir keadaannya semakin membaik setelah mendapatkan perawatan intensif dari petugas rumah sakit," tutur dia. (Snd/Ram)

Komentar

Lampung Lainnya