TOP 0 Bola

Foto: dok Ahmad Nugraha

JPNews - Tak lama lagi, Persib Bandung akan melawat ke Stadion Jakabaring Palembang untuk melakoni laga pekan kedua liga 1 Gojek. Kick off direncanakan digelar mulai pukul 18.30 WIB, dan disiarkan secara live. Pertandingan ini sepertinya akan menjadi pertandingan yang sangat menarik pada penutup akhir pekan ini.

Sama-Sama Seri di Laga Perdana

Pasalnya kedua klub mengalami hasil yang kurang memuaskan pada pekan pertama kemarin. Bagi Sriwijaya FC, pertandingan ini adalah pertandingan home pertama mereka. Pada pertandingan pertama, mereka harus puas dengan hasil satu poin.

Bermain di Stadion Senggiri Samarinda, pasukan Rahmad Darmawan bermain tanpa skor bersama tuan rumah Borneo FC. Meskipun, pertandingan saat itu dikuasai oleh Hamka Hamzah cs.

Bermain full team, dengan trio Beto, Adam Alis dan Vizcara membuat laskar Wong Kito mempunyai ball possesion lebih banyak. Pada babak pertama mereka menguasai 53 persen penguasaan bola. Lima tendangan ke gawang pun berhasil diciptakan dengan dua diantaranya mengarah ke gawang Borneo. Di babak kedua, mereka tidak mengendorkan serangan. Sayangnya tembok yang dibangun Abdul Rahman dan Leonardo Tupamahu terlalu tangguh untuk ditaklukan lini depan Sriwijaya.

Sementara Persib Bandung yang kali ini menjadi tim tamu justru mengalami hal yang lebih menyakitkan. Bermain di hadapan ribuan Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Persib menguasai pertandingan di babak pertama. Serangan yang lebih banyak dimotori Febri Hariyadi membuat Maung Bandung unggul di pertengahan babak pertama.

Kesalahan lini belakang PS Tira yang terus ditekan Febri di sisi kiri dimaksimalkan oleh Ezechiel Nduoasel. Namun sayang, ritme permainan anak asuh Gomez menurun pada babak kedua. PS Tira bermain lebih berani, sementara Maung Bandung terus bermain di bawah tekanan. Persib pun tampil bertahan dengan menurunkan Hariono di babak kedua. Terus ditekan, akhirnya Persib pun kebobolan.

Di hadapan pendukungnya sendiri, kemenangan Persib dipaksa ditunda pada menit 90+5. Ini tentu sangat menyakitkan bagi Supardi cs. Kedua fakta pertandingan tersebut menjadi dasar akan menariknya pertandingan malam nanti.

Keduanya pasti akan mengincar poin maksimal yang gagal mereka dapatkan di pekan pertama, terutama bagi Persib yang gagal di hadapan pendukung sendiri. Sementara Sriwijaya FC, selain menghapus kegagalan pekan lalu menjadi motivasi mereka, tampil di hadapan publik sendiri akan menjadi motivasi lain.

Menunggu Taji Baumann hingga Duel Duo Korea

Kemudian yang akan menarik dari pertandingan ini adalah debut rekrutan anyar Persib yang menyingkirkan posisi Essien di tubuh Maung Bandung, Jonathan Baumann. Setelah gagal tampil di laga perdana dan hanya duduk di kursi penonton, kini ketajaman Baumann benar-benar ditunggu Bobotoh.

Selain soal ketajaman yang diuji, ia juga harus bisa bekerja sama dengan Ezechiel dalam meruntuhkan tembok kokoh yang digalang Hamka Hamzah dan Ndiaye atau Novan Setya Sasongko. Para stoper Sriwijaya FC ini memang dikenal kokoh dan tidak mudah dikalahkan oleh striker-striker liga 1.

Selain itu, pertarungan di lini tengah juga sepertinya akan berjalan sengit. Pasalnya di lini tersebut akan bertemu duo Korea dari masing-masing tim. In Kyun O dan Yoo Hyun Koo akan saling berhadapan dengan peranan yang konfrontatif. In Kyun, biasa ditempatkan sebagai second striker atau gelandang serang sementara Yoo Hyun Koo lebih bertahan. Melihat kemungkinan dimainkanmya duet Baumann-Nduoasel, sepertinya akan membuat In Kyun ditarik sedikit ke belakang. Bermain sebagai gelandang serang dan menjadi motor serangan Maung Bandung.

Hal ini juga diperkuat dengan tidak diboyongnya Eka Ramdani ke Palembang. Menemani Febri di sektor tengah, In Kyun akan memainkan peran sebagai kreator sekaligus pembuka ruang bagi pemain depan Persib. Sayangnya, peran tersebut akan bersinggungan langsung dengan Yoo Hyun Koo.

Pemain yang juga berasal dari Korea dan sama-sama memiliki determinasi yang tinggi. Yoo Hyun Koo sering menjadi pengganjal serang bagi lawan-lawan Sriwijaya FC. Selain itu, pemain Korea milik Sriwijaya ini juga piawai mengeksekusi bola mati, selain banyak opsi penendang lain dari Sriwijaya. Karena itu, kemampuan menyerang dan mengatur serangan In Kyun akan diuji oleh kompatriotnya, Yoo Hyun Koo.

Kedalaman skuad dan rekor pertemuan

Pertemuan kedua tim ini juga akan mempertemukan pemain-pemain berkualitas setiap lininya, bahkan hingga bangku cadangan. Teja Paku Alam di bawah mistar Sriwijaya akan dibandingkan dengan Made Wirawan, atau Deden Natshir. Posisi stoper, nampaknya Sriwijaya bisa jumawa, sebab tembok yang dibangun Hamka-Ndiaye lebih kokoh dibanding Malisic- Wildansyah yang baru terbangun dalam beberapa pertandingan saja. Sebab lain, Igbonefo belum pasti bisa diturunkan karena cidera.

Sementara di pos wingback kedua tim mempunyai pemain yang sama sama mumpuni. Persib memiliki Tony-Henhen yang kuat dalam bertahan juga mampu membantu penyerangan. Akan berhadapan dengan Alfin Tuasalamony-Marckho Sandi yang juga sama-sama memiliki kemampuan yang sama. Ditambah dengan lini tengah dan lini depan yang sudah sedikit dibahas di atas, maka pertandingan dipastikan akan berjalan sangat menarik. Kedua tim dapat dipastikan saling jual beli serangan.

Sementara dari rekor pertemuan, Persib layak untuk jumawa. Dari lima pertandingan terakhir, anak asuh Gomez unggul dibanding pasukan Rahmad Darmawan. Tiga kemenangan untuk Persib, satu hasil seri dan satu kemenangan untuk Sriwijaya membuat Persib bisa percaya diri.

Terlebih salah satu kemenangannya dicetak Persib di Gelora Jakabaring Palembang. Selain itu, Persib memiliki memori manis lain di Jakabaring, ketika menyudahi puasa gelar pada tahun 2014 lalu. Reuni Persib-Jakabaring-konate akan menjadi satu bumbu lain yang menambah daya tarik pertandingan malam nanti. (Imam Maula Fikri)

Komentar

Bola Lainnya