TOP 0 Daerah

Foto : Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Aila Kayrus. ( Sandi/ JPNews )

JPNews - Ribuan Warga Pesawaran yang baru datang dari luar daerah dan luar negeri di monitoring oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk lakukan pencegahan menyebarnya Covid -19. 

"Ya, ada 1.238 orang yang sedang kita lakukan monitoring, semua orang tersebut merupakan orang yang datang dari luar daerah maupun luar negeri," kata juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesawaran Dr. Aila Karyus, Senin (30/3) saat ditemui di Sekretariat Pemkab setempat. 

Menurutnya, jumlah tersebut disinyalir bisa lebih, lantaran masih ada sejumlah warga dari luar Kabupaten Pesawaran yang datang belum terdata. 

"Jumlah 1.238 orang itu kita dapat dari report Kantor Kesehatan Pelabuhan, tapi tidak menutup kemungkinan jumlah itu lebih, karena ada masyarakat yang enggan untuk melaporkan diri," ujarnya. 

"Tapi data ribuan warga itu masuk kategori monitoring ya, sebab ada beberapa kategori dalam penanganan Covid-19 ini yaitu Monitoring, ODP, PDP dan Positif Covid-19, dari semua itu yang monitoring ada 1.238 orang, ODP 16 orang dan 3 diantaranya dirawat di RSUD Pesawaran, sedangkan PDP tidak ada," jelas dia. 

Maka dari itu, kata dia, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini perlu sinergitas yang baik antar lintas sektoral. 

"Dalam penanganan Covid-19 tidak bisa hanya ditangani Pemerintah Daerah, tapi juga semua lapisan masyarakat, makanya pak Bupati (Dendi Ramadhona) juga meminta peran aktif seluruh Pemerintahan Desa untuk ikut melakukan pendataan terhadap warganya yang datang dari luar negeri maupun daerah yang menjadi suspect Covid-19," katanya. 

"Bahkan disetiap Kecamatan akan didirikan posko pemantauan guna menghadapi penanggulangan serta antisipasi penyebaran Covid-19," ucapnya. 

Ia pun menghimbau kepada masyarakat yang datang dari luar Kabupaten Pesawaran untuk bisa melakukan self Monitoring. 

"Kami juga menghimbau kepada warga yang ada warga Pesawaran tapi ada di luar daerah untuk tidak pulang kampung, serta bagi warga yang datang dari luar negeri maupun daerah untuk bisa mengisolasi diri sendiri guna memutus rantai penyebaran Covid-19, dan semoga semua bisa diatasi dengan baik," ujar dia. (snd/ram)

Komentar

Daerah Lainnya