Foto : Ilustrasi Corona

JPNews — Surat Edaran pertanggal 26 Maret 2020 yang di tanda tangani Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto. Memperpanjang proses belajar mengajar untuk diliburkan. Dalam surat edaran yang bernomor : 421/ 1441/IV.02/2020. Menjelaskan, kegiatan belajar mengajar dalam jenjang PAUD,TK, SD dan SMP serta SMA/SMK, juga perguruan tinggi tidak diperbolehkan melakukan aktifitas belajar secara umumnya.  

Hal itu dikarenakan pencegahan mewabahnya wabah virus Covid -19 atau yang di kenal lebih viralnya corona. Intruksi itu pun, dilaksanakan pertanggal 26 maret 2020 sampai dengan 12 April 2020. Selain proses belajar mengajar, yang harus dilakukan di rumah, Plt Bupati Nanang Ermanto di dalam surat edaran yang diterbitkannya, membatalkan jadwal ujian nasional, ujian sekolah, kenaikan kelas, serta penerimaan sisiwa baru (PPDB). 

Secara teknis diserahkan sepenuhnya kepada pihak terkait seperti Dinas Pendidikan Lampung Selatan, dan Kementerian Agama (Kemenag) setempat. Tidak hanya itu, peruntukan dana Bantuan Oprasional Siswa (BOS) di alokasikan untuk kebutuhan perlengkapan siswa dalam pencegahan virus Covid-19, seperti pembelian alat kebersihan, penyediaan hand sanitezer, masker dan membiayai pembelajanran sisitem online. 

Terpisah Plt, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Thomas Amirico, mejelaskan, pihaknya akan memberikan wejangan terhadap guru pendidi agar tidak terlalu membebani sisiwa dalam proses belajar yang di lakukan dari jarak jauh.  

“Kita arahkan agar wali kelas tidak terlalu memberi soal yang membebani siswanya, dalam proses belajar dirumah,” jelas Thomas lewat sambungan ponselnya. Kamis (26/03). 

Masih kata Thomas, untuk peruntukan dana BOS, pihak akan mengeluarkan surat dinas terlebih dahulu, agar mengatur sesuai dengan juklak juknisnya.  

“Jika disekolah sudah ada, apa yang di perlukan seperti masker dan hand sanitezer, buat apa dibeli lagi. Jadi kita akan lihat dan awasi keperluan itu, untuk biaya belajar online, nanti akan kita cek pihak sekolah mana yang menggunkannya,” pungkas nya. (Erl)

Komentar

Lampung Lainnya