TOP 0 Ekonomi



JPNews-Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), segera miliki Rumah Susun (Rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) berfasilitas lengkap berstandar Apartemen yang satu-satunya dibangun di Provinsi Lampung pada Tahun 2020.

Rusun ASN tersebut merupakan usulan Pemkab Pesibar melalui Bupati, Agus Istiqlal, pada Tahun 2019. Pembangunan Rusun itu resmi dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati, Agus Istiqlal, pada Selasa (17/3) di Pekon Wayredak Kecamatan Pesisir Tengah.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Pesibar, Armand Achyuni, rusun itu diperuntukkan bagi para ASN yang bertugas di Pesibar.

"Selama ini banyak ASN dari luar Pesibar. Mereka menyewa rumah penduduk dengan harga yang lumayan tinggi," katanya.

Pembangunan rusun itu untuk memudahkan para ASN yang berasal dari luar daerah karena bisa menenmpati rumah yang layak huni dengan harga sewa yang relatif lebih terjangkau.

Dijelaskan, rusun yang dibangun pada 2020 itu sebanyak 44 unit. Proyek ini berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). 

Biaya pembangunan rusun sekitar Rp19,7 Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Rumah yang dibangun tipe 36 Meter persegi atau berkapasitas empat orang.

Selain bangunan, rusun itu akan dilengkapi dengan meubelair, gedung serba guna, dan kantor administrasi pengelola.

Para ASN  dari luar daerah yang akan menempati rusun tersebut, ada kriterianya yang dibuat oleh Kemen PUPR. Hal ini dilakukan mengingat jumlah rusunnya terbatas.

Sementara disampaikan Bupati, Agus Istiqlal, Rusun ASN tersebut dibangun dari program kegiatan Kemen PUPR melalui Dirjen Perumahan Direktur Rumah Susun. 

"Rumah susun ASN Pekon Wayredak ini merupakan program kegiatan pertama yang dapat dilaksanakan di Pesibar serta bentuk perhatian pemerintah pusat agar tersedianya hunian yang layak bagi ASN kita yang belum memiliki rumah," ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu ASN untuk meningkatkan kualitas rumah agar dapat meringankan beban biaya sewa, kontrak dalam meningkatkan kualitas rumah tangga, sehingga berangsur dapat meningkatkan kesejahteraan ASN di Pesibar.

"Harapan saya dengan adanya program bantuan rumah susun untuk selalu mendapat dukungan dari semua pihak baik dari pemerintah, pihak swasta dan masyarakat agar berjalan sebagaimana mestinya, guna meringankan beban ASN dalam memperoleh rumah yang berkualitas dan tentunya layak huni," pungkas Agus. (ers)

Komentar

Ekonomi Lainnya