JPNews - Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) gelar kegiatan pembinaan ketahanan Bangsa dalam mendukung pemeliharaan Kamtibmas yang bertemakan "Peran perempuan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat serta antisipasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di masyatakat".

Kegiatan yang melibatkan Kodim 05/09 Kapten Barasa Kasi intel, Ikatan Badan Indonesia (IBI), Alisa Khadijah-Icmi, Aisyiyah Muhamadiyah, Fatayat Nahdatul Ulama (NU), Yr Kobra, dan Yayasan Rehabilitasi Narkoba dilaksanakan di Hotel Grand Cikarang, Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Senin (24/2).

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bekasi Aat Barhaty menegaskan, kegiatan tersebut tentunya bertujuan untuk membuat Kabupaten Bekasi lebih baik lagi dari segi peranan perempuan dalam membantu Bekasi Baru Bekasi Bersih.

"Menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya sebagai tugas pemerintah saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama, antara pemerintah dan masyarakat termasuk tanggungjawab kita semua termasuk Ibu-ibu," katanya.

Menurut Aat Barhaty, ibu-ibu ini menjadi pilar utama yang bisa memberikan pelajaran terkait etika, budaya adat istiadat pada tahapan di lingkungan keluarga.

"Disaat ini banyak pelaku tindak pidana kriminal, dan ini notabene anak-anak (dibawah umur) apabila mereka dari awal bisa disentuh, diberi pemahaman mengenai etika, budaya, kemungkinan angka kriminal akan bisa menurun, dan ini yang dibutuhkan dari salah satu peranan Ibu-ibu untuk merubah sikap negatif ke positif anak-anaknya,  ataupun dilingkungan keluarganya, "ungkapnya.

Ada 3 point menurut Kepala Bakesbangpol yang perlu diperhatikan kembali oleh Ibu-ibu untuk sama-sama membuat Bekasi lebih aman, yakni yang pertama, peran ibu kepada keluarga, agar setiap anak tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif.

"Kedua, Ibu-ibu jangan mudah terpengaruh terhadap paham-paham radikalisme dan anti Pancasila, yang bisa mengancam satu kesatuan, dan terakhir, Ibu-ibu harus hati-hati dalam menggunakan medsos, agar tidak terpengaruh dengan maraknya berita-berita Hoax yang tidak jelas sumbernya, " tegasnya.

Maka dari itu Kepala Bakesbangpol berharap kepada Ibu rumah tangga, agar mampu mengontrol dari tingkat keluarga, baik dari pengawasan terhadap anak dan suami, agar tidak banyak yang terjerumus ke kasus tindak pidana maupun sikap yang sifatnya mengancam satu kesatuan. (Adv)

Komentar

Jabar Lainnya