JPNews -  Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi pengajuan dan laporan pertanggungjawaban (LPJ), Badan Kesatuan Bangsa politik (Bakesbangpol) helat Bintek bersama partai politik se-Kabupaten Bekasi tahun anggaran 2020.

Kegiatan yang melibatkan Kemendagri, dan para tamu undangan Partai politik ini di selenggarakan di hottel Antero Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi. (20/2).

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bekasi Aat, Barhaty menegaskan, Bintek yang melibatkan Parpol se-kabupaten Bekasi tersebut, bertujuan untuk menghindari kekeliruan dan kesalahan dalam proses pengajuan dan penyaluran, serta dalam pembuatan pertanggung jawaban penggunaan bantuan keuangan terhadap Parpol yang ada.

"Ini dilakukan guna Parpol yang berada di Kabupaten Bekasi, bisa mengutamakan administrasi yang baik, baik dari pengajuan maupun pertanggung jawaban yang dilakukan setiap Parpo yang ada," kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bekasi.

Bantuan keuangan yang diberikan kepada Parpol, menurut Aat, tentunya sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dari setiap Parpol, maka penggunaan keuangan Parpol di prioritaskan untuk melaksanakan pendidikan politik bagi anggota Parpol dan kegiatan operasional.

"Melihat perkembangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi, melalui Bakesbangpol memprogramkan Bintek pengelolaan keuangan Parpol seperti yang di laksanakan saat ini, "jelasnya.

Selain itu menurut Aat, dengan adanya kegiatan ini, bisa menjadi jembatan untuk terujudnya pengelolaan keuangan yang baik dan profesional, sehingga fungsi dan tujuan anggaran serta prinsip pengelolaan dan penata usahaannya yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan dan LPJ agar berhasil demi kemakmuran kesejahteraan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

"Dan Ini perlu diketahui, dalam penyusunan Pertanggun jawaban harus sesuai dengan Peraturan BPK RI No. 2 tahun 2015, khususnya pasal 5, yang tertulis, bahwa penyerahan LPJ dilakukan 1 tahun sekali, paling lambat 1 bulan setelah tahun anggaran berakhir, "tegasnya.

Maka dari itu, dirinya berharap, agar semua Parpol bisa mematuhi peraturan yang sudah ada, dan bisa bekerjasama untuk membuat nama Bekasi yang lebih baik dari laporan-laporan yang ada. (Adv).

Komentar

Jabar Lainnya