TOP 0 Desa



JPNews - Bupati Asahan, Sumut, Surya usai melantik 45 kepala desa terpilih pada pilkades serentak 2019 lalu di GOR Kisaran, Selasa (18/2).

Ternyata, ada dua kades peraih suara terbanyak yang tak turut dilantik bersamaan dengan 45 kedes hari ini.

Mereka yakni Kades Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Arinton Sihotang tang mendulang suara terbanyak dan kades terpilih Desa Sukadamai Kecamatan Pulo Bandring, Sujadi Pramata, juga peraih suara terbanyak.

Usut punya usut, dua kades peraih suara terbanyak itu urung dilantik karena ada sengketa hasil pilkades di desanya masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Asahan, M. Asmy Ismail membenarkan hal itu.

Menurutnya, keduanya batal dilantik hari ini lantaran rekomendasi Tim Pembantu Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kades.

Diakui, pihaknya menerima keberatan pemohon dan sekaligus pembatalan perolehan hasil perhitungan suara di kedua pemilihan kades tersebut.

"Hal ini dilakukan berdasarkan Rekomendasi hasil Tim," ucap Asmy.

"Awalnya 47 kepala desa yang akan dilantik bersamaan. Berhubung ada dua desa yang dibatalkan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dalam pemilihan kades, pemilik suara terbanyak tidak ikut dilantik ber samaan dengan 45 kades lainya," tandas Asmy, usai menghadiri pelantikan 45 kades itu.

BACA: 45 Kades Terpilih Tahun 2019 Dilantik, Ini 5 Instruksi Bupati Surya

(fit/JPN)

Komentar

Desa Lainnya