JPNews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar ekspos capaian hasil pembangunan empat tahun kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati, Agus Istiqlal-Erlina, Selasa (18/2), di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan saibatin marga, Ketua DPRD, Nazrul Arif dan anggotanya, Sekkab N. Lingga Kusuma, Forkopimda Pesibar-Lambar, seluruh kepala OPD, dan camat.

Ekspos capaian hasil pembangunan Pemkab Pesibar, dipaparkan langsung oleh Kepala Bappeda, Zukri Amin, dengan ekspose sistematika laporan yakni Pendahuluan, capaian ekonomi makro dan capaian kinerja RPJMD pada terhitung dari Tahun 2016 hingga Tahun 2020.

Pesibar memiliki 116 Pekon dari 11 kecamatan, bupati bersama wakil bupati Pesisir Barat bekerja cepat mengejar ketertinggalan dan kemajuan Pesibar menuju masyarakat yang Madani, Mandiri dan Sejahtera.

"Salah satunya pertumbuhan ekonomi Pesibar Tahun 2015 hanya 4,94 persen dan pada Tahun 2018 naik menjadi 5,35 persen lebih tinggi dibandingkan kabupaten induk yakni Lambar yang pada Tahun 2015 sebesar 5,29 persen hanya menjadi 5,14 pada Tahun 2018, sehingga Pesibar lebih cepat pergerakan perekonimannya dibandikan kabupaten induk," papar Zukri.

Capain Lain yakni jangkauan layanan komunikasi dan internet pada tahun 2019 telah mencapai 100 persen menjangkau seluruh daerah di Pesibar. Sebagaimana kita ingat, terakhir kita telah berhasil menyediakan layanan komunikasi ke daerah Wayharu.

"Untuk jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Barat pada tahun 2016 sebanyak 166.283 orang meningkat menjadi 203.173 orang pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan event-event yang kita laksanakan, mulai dari krui fair hingga surfing international yang rutin berlangsung," pungkas Zukri.

Dalam kegiatan ekspose capaian hasil pembangunan ditandai dengan pemotongan tumpeng, sebagai salah satu bentuk syukur Pemkab Pesibar.

Sementara disampaikan Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, bahwa semua keberhasilan yang telah dicapai tidak lain merupakan berkat rahmat Allah SWT dan kerja keras serta kerja sama semua pihak. "Namun demikian, kami juga menyadari bahwa masih terdapat beberapa target yang akan kita tingkatkan hingga pelaksanaan tahun kelima RPJMD," tutur Agus.

Menurutnya, beberapa hal yang masih harus dilakukan peningkatan bersama, antara lain. Infrastruktur dan konektivitas wilayah termasuk mendukung penerbangan di Bandara Muhammad Taufik Kiemas. Pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran dengan pemberdayaan masyarakat serta pembangunan pendidikan dan kesehatan. Peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan rasio elektrifikasi, pengembangan pariwisata sebagai penopang ekonomi daerah peningkatan nilai investasi dan penumbuhan jumlah industri daerah.

"Kita harus proaktif dan tanggap dengan kebutuhan pembangunan yang bertujuan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat,  mengutamakan kerja sama, meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam mencari penyelesaian setiap permasalahan dan tantangan pembangunan, baik dengan pemerintah pusat, Pemprov Lampung dan instansi vertikal," jelas Agus.

Khusus kepada DPRD Pesibar sebagai unsur legislatif, selaku pimpinan unsur eksekutif mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan hubungan harmonis yang telah dibina selama ini. Bahwa pemerintah daerah dan DPRD memiliki porsi masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan, namun pada akhirnya adalah bagaimana mencapai tujuan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

"Kepada unsur forkopimda Pesibar-Lambar, saya ucapkan terima kasih atas sinergitas dan koordinasi yang baik selama ini untuk bersama-sama menyukseskan program-program pemerintah pusat di daerah. Kepada seluruh sai batin dan unsur masyarakat, terima kasih atas seluruh bantuan baik secara moril dan materil dalam proses pembangunan daerah yang kita cintai ini," pungkasnya. (ers)

Komentar

Lampung Lainnya