Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly saat sambangi rutan kelas IIB Kabanjahe, Minggu (16/2) pukul 09.00 WIB. Foto: Rekro G Tarigan/ JPNews

JPNews - Pasca kericuhan Lapas II B Kabanjahe, Karo, Sumut, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly, sambangi rutan itu, Minggu (16/2) pukul 09.00 WIB. 

Menteri Yasonna meninjau salah satu ruangan yang masih utuh, pasca terjadi Kerusuhan dilapas II B Kabanjahe pekan lalu. 

Menteri Yasonna mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya segera akan melakukan perbaikan lapas yang rusak akibat ulah WBP (warga binaan permasyartan).

"Itu insiden yang sungguh kita sayangkan terjadi, kerugian ditaksir Rp4,7 miliar," katanya.

Untuk masalah WBP, ke depan Yasonna mengingatkan  ke jajarannya, agar dilakukan pendataan lagi dan tanpa terkecuali semua WBP dilakukan ekstra ketat melalui penjagaan khusus, apabila aktivitas normal di rutan. 

Disamping itu, Yasonna mengaku, bahwa kondisi Lapas II B Kabanjahe saat ini tidak memadai lagi untuk dihuni oleh  WBP. Hal ini yang membuat  rutan kabanjahe akhirnya over kapasitas. Nah solusi ini pihak Kemenkumham akan menjajaki dan menindaklanjuti kerjasama dengan Pemkab Karo terkait akan menghibahkan tanah milik Pemda Karo, guna pembangunan gedung Lapas II B Kabanjahe yang baru," ucapnya.

(rek/JPN)

Komentar

Nusantara Lainnya