Kepala Bidang Kebudayaan di Disdikbud Lambar, Riadi Andrianto saat diwawancarai wartawan, Rabu (12/2). Foto: Indriyani/ JPNews

JPNews - Dinas Pendidikan dan Budaya (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) telah menyiapkan sejumlah dana untuk dialokasikan ke beberapa sanggar yang dinilai layak menerima bantuan.

Hal tersebut guna mendukung terwujudnya Lambar sebagai kabupaten budaya.

Kepala Bidang Kebudayaan di Disdikbud Lambar, Riadi Andrianto, Kamis (13/2) mengatakan, tercatat ada 125 sanggar seni dan budaya di bawah binaan Disdikbud Lambar. Namun, dari data tersebut tidak semua sanggar telah memiliki fasilitas yang cukup. Bahkan, masih ditemui sanggar yang rela menyewa alat musik untuk keperluan pentas seni.

Dengan itu, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan sampai dengan membuat trobosan untuk kemajuan sanggar-sanggar yang ada. Salah satunya yakni, dengan memberikan bantuan yang berbentuk atribut, alat-alat musik dan bantuan dana oprasional.

Dikatakannya, tahun ini Disdikbud melalui bidangnya mengucurkan dana Rp375 juta yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk sanggar seni dan budaya.


Dijelaskan, dana tersebut akan dibagi menjadi dua item. Yakni, untuk keperluan oprasional dan bantuan alat-alat musik. Meski demikian, pihaknya belum menetapkan sanggar-sanggar yang akan menerima bantuan tersebut.

"Untuk bantuan alat-alat musik Rp175 juta, untuk lima sanggar, tapi kami belum tentukan penerimanya. Sedangkan yang Rp200 juta dana hibah untuk biaya oprasional beberapa. Itu juga belum kita tentukan," katanya.


Masih kata Riadi, pihaknya saat ini dalam tahap seleksi sanggar yang akan menerima bantuan baik alat musik dan oprasional sanggar.


"Kami mengacu kepada keperuntukan, kami bisa berikan berdasarkan proposal yang masuk atau dipilih sesuai kriteria sanggar," katanya lagi. (dri/JPN)

Komentar

Lampung Lainnya