Petugas kesehatan berpakaian pengaman kesehatan menyemprotkn cairan khusus saat WNI dari Wuhan turun dari pesawat Batik Air, Minggu (2/2). Foto: Istimewa

JPNews - Sebanyak 250 WNI yang dievakuasi dari Kota Wuhan, China tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). Mereka kemudian diterbangkan kembali menuju Ranai, Natuna untuk menjalani observasi.

Petugas juga tampak mengenakan pakian khusus, pengaman kesehatan, saat menyambut WNI ynag di evakuasi dari kota yang diketahui pertama munculnya 2019-nCoV.

Berdasarkan pantauan Antara, setiap WNI yang turun dari tangga pesawat langsung disemprot. Mereka berputar demi memastikan seluruh pakaian dan bagian luar tubuhnya terkena cairan itu.

Selesai disemprot, WNI memasuki pesawat TNI AU yang sudah siaga di Bandara Hang Nadim Batam, untuk membawa seluruhnya ke Kabupaten Natuna.

WNI nampak sehat, meski beberapa di antaranya terlihat lelah setelah menempuh sekitar 6 jam perjalanan dari China.

Seluruh WNI juga terlihat mengenakan masker saat turun dari pesawat.

Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Batam memperkirakan waktu perpindahan WNI dari Batik Air ke pesawat TNI AU hanya tidak lebih dari satu jam.

Sebelumnya, Kepala KKP Kelas I Batam Achmad Farchanny membenarkan bahwa pesawat akan disemprot disinfektan, sesuai prosedur keamanan kesehatan.


(antara)

Komentar

Nasional Lainnya