Polisi tengah melakukan pemeriksaan terhadap rekan ES. Foto: ist

JPNews - Polres Tulang Bawang Barat,  Lampung, berhasil menangkap dua rekan mantan ketua LPA Tubaba, Elia Sunarto (50), tersangka pemerasan yang terjaring OTT beberapa waktu lalu, Kamis (23/1).

Keduanya, yakni Nurmala Dewi (39)  alias Sindi dan Ridwansyah. Dua warga Mataram Udik, Kecamatan Bandar Mataram, Lampung Tengah itu diduga terlibat dalam kasus pemerasan terhadap Tugiman (49), yang terjaring 10 Januari lalu.


Kanit Resum Polres Tubaba, Ipda Beni Ariawan, mengungkap peran keduanya.

Tenyata, Nurmala Dewi alias Sindi seorang wanita yang mengaku dicabuli Tugiman.
Ketiga pelaku meminta Tugiman ke kediaman kepala Tiyuh Margo Mulyo.

Nah, di rumah kepala Tiyuh Margo Mulyo, Sindi meminta pertanggungjawaban dan ganti rugi tergadap Tugiman sebesar Rp50 Juta. Ini terjadi Desember 2019.

Karena tak memiliki uang senilai itu, Nurmala Dewi alias Sindi, Ridwansyah, Elia Sunarto mengambil satu unit mobil jenis toyota kijang super beserta STNK dan BPKB.

Dirasa nilai mobil itu belum cukup, Tugiman juga diminta tambahan sejumlah uang sebesar Rp27 juta.

Uang itulah yang diberikan tanggal 10 Januari 2020, saat Elia Sunarto terjaring OTT.

Kena OTT, Elia Sunarto bernyanyi. Dua rekanya terungkap. Dan kini keduanya telah ditangkap polisi.

“Setelah dilakukan pemanggilan saksi kemudian dilakukan gelar perkara yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan selanjutnya akan dilakukan penahanan terhadap kedua tersangka," kanit Resum.


“Barang bukti yang kita amankan Uang tunai sejumlah Rp27 juta pecahan Rp100 ribu 267 lembar dan Rp50 ribu enam lembar. Tersangka ditahan di Mapolres Tulang Bawang Barat dan dijerat pasal 368 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara,” pungkasnya. (agt/wsn)

Komentar

Lampung Lainnya