Karzuli Ali

JPNews - Polsek Abung Selatan, Lampung Utara menyebut belum meningkatkan status atas kasus meniggalnya siswa SDN 1 Abung Jayo di Kolam Renang Lembah Bambu Kuning lantaran belum menerima laporan resmi pihak korban.

Sementara, praktisi hukum Karzuli Ali menilai kasus tersebut bukan delik aduan.


"Masalah itu gak perlu laporan keluarga korban. Jika itu memang ada peristiwa pidana polisi sudah bisa nyidik. Karena bukan seperti pemerkosaan. Itu (siswa mininggal karena tenggelam saat ekskul) pidana biasa. Jadi gak masuk delik aduan," terang pengacara ini.

"Polisi juga harus cek SOP dan standarirasinya. Berapa kapasitas digunakan pada pengunjung, dan bagaimana jumlah siswanya, apa sebanding dengan guru," kata Karzuli di kantornya, Kamis (23/1).

"Itu mereka para siswa bayar karcis. Ada asuransinya gak. Korban bukan meninggal secara wajar. Kalau ada petugas penyelamat yang stand by ceritanya mungkin berbeda. Saat kejadian di mana para petugas dan guru pendampingnya, ini ada unsur kelalaian," tegas Karzuli.

BACA JUGA: 



Sementara itu, polisi masih sebatas melakukan proses pemeriksaan saksi-saksi dan belum menyimpulkan hasil dari pemeriksaan terhadap pihak sekolah dan pihak pengelola Lembah Bambu Kuning. Itu karena menunggu laporan pihak korban.

(sol)

Komentar

Lampung Lainnya