Haris, ketika memberikan surat laporan diterima seorang staf di DPRD Pesawaran, Jumat (17/1). Sandy/ JPNews

JPNews - Akhirnya, rekrutmen Panwascam di Kabupaten Pesawaran Lampung secara resmi dilaporkan ke DPRD kabupaten setempat. 

Laporan itu terkait dugaan nepotisme dalam seleksi Panwascam oleh Bawaslu Pesawaran.

Hal tersebut disampaikan Haris Apriadi, seorang perserta yang sempat mengikuti rekrutmen Panwascam beberapa waktu lalu. 

"Ya saya bersama dengan beberapa teman yang lain secara resmi telah melaporkan dugaan praktik nepotisme yang dilakukan oleh komisioner Bawaslu Pesawaran dalam perekrutan anggota Panwascam," ungkap dia, Minggu (19/1).

Ia mengatakan, laporan tersebut telah secara resmi diberikan kepada DPRD Kabupaten Pesawaran pada Jumat (17/1).

Dikatakan, langkah tersebut diambil untuk mendapatkan kejelasan terkait dugaan nepotisme tersebut serta menolak kecurangan yang mungkin saja terjadi dalam perekrutan tersebut. 

"Ya pada intinya kami minta tolong bantu untuk menyelidiki, kalau ada kecurangan kami mohon untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani dengan bijak," harap dia.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pesawaran Yusak, yang mewakili Ketua DPRD Pesawaran M. Nasir mengatakan, dirinya telah mendapatkan informasi terkait laporan tersebut. 

Yusak menjelaskan, perkara yang berkaitan dengan lembaga penyelenggara pemilihan umum memang menjadi salah satu bidang kajian dari Komisi I.

Untuk itu ia mengatakan akan segera menindaklanjuti laporan tersebut, sembari menunggu disposisi dari Ketua DPRD. 

"Ya memang masalah yang berkaitan dengan rekrutmen Panwascam, PPK atau apapun itu, memang ranahnya Komisi I, tapi kan surat itu ditujukan untuk Ketua DPRD, jadi biar nanti ketua pelajari dulu baru nanti kemungkinan akan didisposisikan ke Komisi I," jelas Yusak. 

"Yang pasti setelah surat itu sudah didisposisikan ke kami akan segera kami tindaklanjuti dengan cepat," tutupnya. 

BACA: Menyengat! Aroma Nepotisme di Rekrutmen Panwascam di Pesawaran, Ini Jawaban Banwaslu

(snd/ram)

Komentar

Politik Lainnya