JPNews - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melalukan deklarasi damai menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Grand Inna SBH Palabuhanratu, Senin (14/1).

Deklarasi diikuti jajaran Pemerintah Daerah (Pemda), TNI dan Polri Kabupaten Sukabumi. Sekaligus, dilakukan penandatanganan pada sebuah spanduk besar sebagai bentuk deklarasi damai menghadapi Pilkada mendatang.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kesepakatan dan upaya Bawaslu dalam mencegah berbagai bentuk pelanggaran yang terjadi pada Pilkada tahun ini," ujar Komisioner Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki, kepada awak media.

Ada tiga poin untama dalam deklarasi yang telah disepakati tersebut yaitu, mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil. Kedua, menjaga Netralitas ASN, TNI dan Polri. Dan terakhir, melaksanakan peraturan undang-undang yang berlaku. 

"Tugas-tugas pengawasan pemilu tentu tidak mudah. Mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti Pilkada di Kabupaten Sukabumi, kembali berjalan dengan aman dan lancar," imbuhnya.

Wasikin mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Bawaslu Kabupaten Sukabumi lantaran berhasil mengawal pelaksanaan Pemilu sebelum-sebelumnya dapat dilaksanakan secara damai dan lancar. Penilaian tersebut juga tentunya dengan indikator yang menunjang. 

"Ya, samapai saat ini belum terjadi adanya kerusakan dan kekisruhan akibat pemilu kemarin di Kabupaten Sukabumi. Artinnya, itu semua bisa diindikasikan bahwa pemilu Kabupaten Sukabumi lancar dan damai," pungkasnya.

Sementara itu, dalam spanduk penandatangan deklarasi damai diikuti juga pihak Kejaksaan Negeri (Kejari), Pemda, Polres Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, MUI, Kodim 0622 dan Kodim 0607 dan perwakilan DPRD Kabupaten Sukabumi. (lan).

Komentar

Jabar Lainnya