Bupati Agus Istiqlal Resmikan SPAM Perdesaan di Pekon Tanjungjati Kecamatan Lemong, Rabu (8/1). ERSON

PESISIR BARAT-Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, meminta masyarakat penerima suplai Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan di Pekon Tanjungjati dan Tanjungsakti Kecamatan Lemong, untuk menggunakan air secara bijak.

Hal itu disampaikan Bupati, Agus Istiqlal, dalam kegiatan peresmian SPAM Perdesaan di Pekon Tanjungjati, Rabu (8/1). Menurutnya, SPAM Perdesaan yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019 sebesar Rp2,3 Milyar lebih oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) melalui CV. Bangun Jaya Mandiri itu, bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan ketersediaan air bersih yang bisa dikonsumsi. 

"Karenanya masyarakat juga harus bisa memahami, pembangunan ini untuk kepentingan masyarakat banyak bukan orang perorangan," kata Agus.

Dilanjutkannya, masyarakat penerima suplai SPAM Perdesaan tersebut diharuskan untuk menggunakan air secara bijak. "Jangan sampai ada warga yang menggunakan air diluar dari tujuan awalnya. Misalnya untuk keperluan kolam ikan atau mengairi sawah. Karena hal itu bisa merugikan masyarakat banyak lainnya," pungkasnya. 

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Pesibar itu juga meminta agar masyarakat secara bersama-sama merawat keberadaan SPAM Perdesaan tersebut. "Agar manfaat besarnya bisa dirasakan masyarakat dalam kurun waktu yang panjang," imbaunya.

Masih kata Agus, disepanjang wilayah Pesibar masih cukup banyak potensi sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan warga. "Untuk memaksimalkan potensi tersebut, saya meminta agar DPRKP terus melakukan jemput bola hingga pemerintah pusat," tukas Agus.

Peresmian SPAM Perdesaan itu, juga dihadiri Kepala DPRKP, Armand Achyuni, Asisten, para kepala OPD, camat, peratin, masyarakat Pekon Tanjungjati dan Tanjungsakti. (ers)

Komentar

Edukasi Lainnya