istimewa

JPNews - Sebagai antisipasi bencana di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, Polres Sukabumi Kota gelar Apel Siaga Bencana di Halaman Mako Polres Sukabumi Kota, Rabu (01/01). Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo.

Sebanyak 160 personel gabungan kesiapan Polres Sukabumi Kota, turut bekerjasama dengan Kodim 0607 Kota Sukabumi, BPBD, Damkar, dan PMI, serta unsur perwakilan kecamatan se Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Banjir dan Longsor Terjang 3 Kecamatan di Lambar, Ini Spot dan Kondisinya

Dalam sambutannya, Kapolres Wisnu menyampaikan bahwa dalam menangani bencana alam perlu adanya kerjasama dari semua pihak dan dalam menanggulangi bencana alam harus dilakukan dengan prinsip dan cara yang tepat.

"Memasuki musim penghujan ini, potensi terjadinya bencana alam sangat besar, maka dari itu perlu adanya peran dan partisipan dari semua pihak untuk mengantisipasinya. Penanggulangan bencana harus dilakukan dengan cara yang tepat sesuai dengan Undang-undang nomor 24 Tahun 2007, agar tidak berdampak buruk bagi korban dan tim evakuasi,” paparnya dalam apel siaga bencana, Rabu (01/01).

Lanjut Wisnu menyampaikan, bahwa jajaran Polres Sukabumi Kota bersama instansi terkait menyiagakan puluhan personil selama 1x24 jam yang dilengkapi peralatan Search And Rescure (SAR).

"Polres Sukabumi Kota bersama instansi terkait menggelar apel ini untuk mengecek kesiap-siagaan. Baik itu peralatannya maupun personilnya. Jadi kalau nanti ada bencana alam, baik itu banjir maupun tanah longsor kita siap langsung terjun, kita bantu warga masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” ungkapnya.

"Kami sudah siap siagakan personil 1x24 jam, baik itu dari Sabhara berikut dengan peralatannya, dari PMI, Damkar, juga dari BPBD siap siaga,” tambahnya.

Pada kesempatan gelar apel siaga bencana, beberapa sarana prasarana gabungan pendukung untuk penanggulangan bencana alam mulai dari, kendaraan operasional TNI/Polri, mobil pemadam kebakaran, kendaraan operasional milik BPBD, hingga peralatan kebencanaan seperti perahu karet, pelampung, gergaji mesin dilakukan pengecekan oleh Kapolres Wisnu dan jajaran Forkopimda. (drw)

Komentar

Jabar Lainnya