JPNews - Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali menggelar Job Fair 2019 atau bursa kerja demi menekan angka pengangguran selama ini. 

Kegiatan tahunan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 3 dan 4 Desember ini di Gedung Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah (BK3D), Jalan Raya Sukabumi Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (3/12).

Kepala Seksi Pelayanan Antar Kerja Dalam dan Luar Negri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi,  Tatang Arifin mengatakan, Job Fair tahun ini ada sekitar 20 perusahaan besar mulai dari Sukabumi, Bogor, Bekasi, Cianjur dan Bandung. Serta diikuti oleh perusahaan lain di sekitar Jabodetabek. Dengan menyediakan ratusan peluang lowongan kerja bagi para Pencari Kerja (Pencaker) Sukabumi.

"Tujuan intinya dalam rangka penyerapan, penempatan tenaga kerja, dan menurunkan angka pengangguran selam ini. Dengan membuka lowongan kerja besar-besaran secara serempak dan terbuka, agar terhindar dari pencaloan dan praktek pungli (pungutan liar) yang dilakukan oleh oknum," ujarnya disela kegiatan, Selasa (3/12).

Lanjut dia, untuk jumlah Job Fair kali ini kisaran 500 peserta Pencaker yang sudah mendaftar. Dengan membawa persyaratan seperti surat lamaran, laki-laki atau perempuan usia  18 tahun, fotocopy KTP, Kartu Kuning, dan fotocopy Izajah.  

"Usai acara dibuka, para Pencaker ini lamarannya diantar langsung pada saat Job Fair dan hadir langsung di stand perusahaan tanpa mewakilkan, perantara, calo atau apapun namanya," tegasnya.

Tatang berharap, lowongan kerja yang tersedia dapat terisi semuanya dan diisi oleh masyarakat Kabupaten Sukabumi khususnya. Tentunya pencaker juga harus memiliki skill dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Semua lowongan yang dibuka dapat terisi seluruhnya. Untuk itu hadir, cek lowongan dan skill yang dibutuhkan perusahaan di lokasi Job Fair," tandasnya. (Lan)


Komentar

Jabar Lainnya